Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Syarat-syarat Masyarakat Madani

Masyarakat Madani - Demokratisasi yang dijalankan di suatu negara bertujuan untuk membentuk suatu negara yang demokratis. Namun demikian, negara yang demokratis tersebut tidak hanya lembaga-lembaga negaranya dibentuk dan berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi semata, tetapi masyarakat di negara tersebut hendaknya juga demokratis. Oleh karena itu, meskipun pemerintahan suatu negara dijalankan menurut prinsip demokrasi tetapi apabila masyarakatnya belum demokratis, maka demokrasi negara tersebut akan sulit diwujudkan. Demokrasi akan kuat dan kokoh apabila didukung oleh masyarakat demokratis yang memiliki kebebasan dan sekaligus tanggung jawab bagi kelangsungan bangsa dan negara. Masyarakat demokratis tersebut kemudian diistilahkan dengan civil society atau masyarakat madani.

Masyarakat Madani, Syarat-syarat Masyarakat Madani, Pengertian Masyarakat Madani, Ciri-ciri Masyarakat Madani, Masyarakat Madani Menurut Para Ahli.
Syarat-syarat Masyarakat Madani  
Upaya untuk mengoptimalkan masyarakat madani menjadi sebuah kebutuhan mengingat pilihan yang telah kita ambil untuk keluar dari tekanan rezim orde baru adalah agar kehidupan masyarakat menjadi lebih baik dan lebih sejahtera.Untuk itu, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi, yaitu sebagai berikut.

1. Perubahan politik secara struktural

Berbagai hambatan yang sekiranya akan dapat mengikis demokrasi harus dihapus. Berbagai bentuk penataan politik yang dilakukan melalui perubahan dan penyusunan perundang-undangan baru harus diarahkan untuk menjamin terbentuknya pemerintahan yang transparan dan menjamin berkembangnya masyarakat yang demokratis dan mandiri.

2. Perubahan politik secara kultural

Ketertekanan yang dirasakan oleh masyarakat selama puluhan tahun, telah mengkondisikan masyarakat menjadi sangat tergantung kepada negara. Namun untungnya pendidikan yang telah berkembang luas turut mengembangkan masyarakat yang kian rasional. Peran negara yang kondusif juga berpengaruh positif terhadap peningkatan kesadaran politik rakyat dalam mengaktualisasikan hak-hak politik dan kemandirian sebagai warga negara.

3. Modal ekonomi mandiri

Masyarakat madani memerlukan modal ekonomi mandiri yang memungkinkan mereka memiliki bargainning position dan pengaruh politik yang kuat dalam interaksi dengan negara, agar masyarakat tidak mengalami kesulitan dalam menunjukkan eksistensinya. Dalam hal ini, pemberdayaan ekonomi merupakan syarat yang harus dipenuhi agar terbangun masyarakat madani yang kuat.

4. Kesadaran politik

Diperlukan kesadaran politik untuk menjaga kohesi sosial dan integrasi politik di kalangan elemen-elemen masyarakat madani. Setelah keruntuhan sistem totaliter, terdapat ancaman kehancuran sendisendi nasionalisme, seperti persatuan, toleransi, dan saling menghargai antarkelompok yang berbeda.

Sekian penjelasan dari kami, semoga artikel Kewarganegaraan di atas tentang Syarat-syarat Masyarakat Madani, semoga bisa bermanfaat dan menjadi sumber belajar online temen-temen semua. Sertakan komen jika dari artikel di atas terdapat beberapa kesalahan. Bagikan ke teman-teman yang lainnya jika dirasa artikel di atas bermanfaat. Terima kasih..

Sumber:
  • Sumedi, Pudjo. (2011). Pendidikan Kewarganegaraan : untuk SMA/ MA/SMK Kelas XI. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional
  • Suyatmi. (2011). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional

Posting Komentar untuk "Syarat-syarat Masyarakat Madani"