Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Penjelasan dan Contoh Singkat Report Text

Report Text - Bagi kawan-kawan sekalian yang masih belum paham benar tentang apa itu report text, berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai report text mencakup pengertian, fungsi, generic structure, dan ciri-cirinya. Untuk lebih memahami report text, kami juga sertakan beberapa contoh report text beserta terjemahannya.

A. Penjelasan Report Text

Pengertian Report Text
Report text merupakan salah satu jenis teks bahasa Inggris (Genre) yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu (benda, makhluk hidup, ataupun kegiatan).

Fungsi dan Tujuan Report Text
Fungsi dan tujuan dari report text adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang sesuatu (benda, makhluk hidup, atau kegiatan) dengan medeskripsikannya.

Generic Structure Report Text
Terdapat dua struktur utama yang membentuk report text yaitu general classification dan description. General classification berisi penggolongan (klasifikasi) benda, makhluk hidup, atau kegiatan yang kita akan deskripsikan. Sedangkan di bagian description, berisi tentang gambaran benda, makhluk hidup atau kegiatan tersebut.

Ciri-ciri Report Text
Ciri yang paling umum dari report text adalah penggunaan simple present tense. Ciri lainnya adalah seringnya menggunakan adjective (kata sifat) seperti big, small, thin, thick, long, short, dan lainnya.

Report Text, Penjelasan Report Text, Pengertian Report Text, Definisi Report Text, Apa itu Report Text, Generic Structure Report Text, Ciri-ciri Report Text, Fungsi Report Text, Tujuan Report Text, Contoh Report Text, Contoh Singkat Report Text, Contoh Report Text dan Arti, Contoh Report Text dan Terjemahan, Report Text SMP, Report Text SMA.
Penjelasan dan Contoh Report Text

B. Contoh Report Text

Earthworms
An earthworm digs a hole by pushing into the loose soil with its pointed head end which then thickens, forcing the soil apart. Slowly but surely, the worm draws the rest of its body up to disappear into the hole. The earthworm can do this because its body has many narrow rings joined together by a softer material that enables it to change shape. Whenever the soil is too hard to be pushed aside, the earthworm eats its way through.

By burrowing into the soil, the earthworm creates channels and pockets into which air can enter. This allows the soil to become oxygenated so that plant roots can breathe. In this way, earthworms act as gardeners and cultivators of the soil.

Terjemahan:

Cacing Tanah

Cacing tanah menggali lubang dengan mendorong ke dalam tanah yang gembur dengan ujung kepalanya yang runcing, yang kemudian mengental, memaksa tanah terpisah. Perlahan tapi pasti, cacing menarik sisa tubuhnya hingga menghilang ke dalam lubang. cacing tanah dapat melakukan ini karena tubuhnya memiliki banyak cincin sempit bergabung bersama-sama oleh bahan lembut yang memungkinkannya untuk berubah bentuk. Setiap kali tanah terlalu sulit untuk disingkirkan, cacing tanah akan memakannya untuk dapat melaluinya.

Dengan menggali ke dalam tanah, cacing tanah menciptakan saluran dan kantong di mana udara bisa masuk. Hal ini memungkinkan tanah kaya akan oksigen sehingga akar tanaman dapat bernapas. Dengan cara ini, cacing tanah bertindak sebagai tukang kebun dan penggarap tanah.

Berikut di atas adalah Penjelasan Report Text beserta contohnya, semoga bisa membantu kawan-kawan sekalian dalam memahami apa itu report text. Terima kasih sudah berkenan mampir dan membaca artikel di atas. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman lainnya juga ya.

Posting Komentar untuk "Penjelasan dan Contoh Singkat Report Text"