Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Contoh Soal Menyajikan Informasi Kependudukan melalui Peta, Tabel, dan Grafik

Contoh Soal Menyajikan Informasi Kependudukan melalui Peta, Tabel, dan Grafik    Data kependudukan menjadi lebih informatif apabila dituangkan dalam bentuk tabel, grafik, dan peta. Karena melalui tabel, grafik, dan peta akan didapat suatu pola tertentu atau dapat diambil kesimpulan tentang keterkaitan atau hubungan antar data. Data kependudukan adalah kumpulan elemen data penduduk yang terstruktur yang diperoleh dari hasil pendaftaran penduduk. 
       Keunggulan penyajian data penduduk dengan menggunakan grafik adalah: 
1. Pembaca lebih mudah dalam membandingkan data satu dengan data yang lain. 
2. Dapat menggambarkan data kependudukan secara seri. 
3. Penyajian lebih menarik. 
       Selain memiliki keungggulan, penyajian data dengan grafik juga mempunyai kelemahan yaitu penyajian data dengan grafik bersifat aprosimatif (angka yang tercantum merupakan angka pendekatan) sedangkan angka yang detail termuat dalam tabel.
       Secara umum data kependudukan dapat disajikan dalam tiga bentuk yaitu tabel, grafik/diagram, dan peta. 
1. Penyajian data dengan tabel merupakan cara yang paling mudah. Penyajian dengan tabel biasanya digunakan untuk kepentingan analisis perbandingan. Misalnya untuk membandingkan tingkat kepadatan penduduk suatu wilayah pada periode waktu tertentu.
2. Grafik/Diagram Penyajian data kependudukan akan lebih mudah dipahami jika ditampilkan dalam bentuk grafik atau diagram. Grafik atau diagram pada dasarnya dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran.
a. Diagram Garis biasanya digunakan untuk melihat perkembangan data penduduk. Diagram ini memuat data-data yang berkesinambungan atau kontiniu seperti data jumlah penduduk dari tahun ke tahun.
b. Diagram Batang hampir sama dengan diagram garis dalam pembuatannya. Diagram batang digunakan untuk menyajikan kuantitas data penduduk sehingga panjang batang yang digambar sesuai jumlah atau nilai data penduduknya.
c. Diagram Lingkaran digunakan untuk menampilkan beberapa jenis data dan membandingkan kuantitasnya. Diagram lingkaran dibuat dalam bentuk lingkaran (360°) dan jenis data penduduk yang digambarkan disesuaikan dengan nilainya. Data penduduk yang ditampilkan pada diagram lingkaran disajikan dalam persen (%).
3. Data atau informasi kependudukan yang ditampilkan dalam bentuk peta akan lebih menarik dan mudah dibaca karena menunjukkan lokasinya. Penyajian data atau informasi penduduk dalam bentuk peta menghasilkan peta penduduk. Beberapa bentuk simbol bisa digunakan untuk menggambarkan kondisi kepadatan penduduk. Simbol piktorial misalnya, atau dapat juga dengan arsiran bersifat kuantitatif serta gradasi warna. Pemilihan simbol yang tepat menjadi hal penting dalam penyajian data, tujuannya agar tidak terjadi kesalahan dalam pembacaan.

Contoh Soal Menyajikan Informasi Kependudukan melalui Peta, Tabel, dan Grafik

Data kependudukan dapat disajikan dalam beberapa bentuk yaitu ….
Data penduduk yang ditampilkan pada diagram lingkaran disajikan dalam ….
Penyajian dengan tabel biasanya digunakan untuk kepentingan analisis perbandingan. Misalnya untuk membandingkan tingkat kepadatan penduduk suatu wilayah pada ....
Diagram yang digunakan untuk menyajikan kuantitas data penduduk ialah ….
Suatu kumpulan elemen data penduduk yang terstruktur yang diperoleh dari hasil pendaftaran penduduk disebut dengan ….
Keunggulan penyajian data penduduk dengan menggunakan grafik adalah, kecuali ….
Salah satu tujuan pemilihan simbol peta yang tepat dalam penyajian data adalah ….
Salah satu cara agar mempermudah untuk mencari suatu lokasi adalah dengan menggunakan .…
Untuk membuat diagram batang, maka panjang batangnya haruslah ….
Diagram yang digunakan untuk menampilkan beberapa jenis data dan membandingkan kuantitasnya ialah …

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Menyajikan Informasi Kependudukan melalui Peta, Tabel, dan Grafik"