Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Secara Umum dan Contohnya di Indonesia

Informasi merupakan sesuatu hal yang mengalir dalam kehidupan manusia karena dengan informasi, manusia dapat mengerti dan menjalani kehidupannya. Seperti sebuah perusahaan yang selalu membutuhkan informasi, karena jika sampai kekurangan informasi maka dapat menganggu sistem lainnya. informasi yang dibutuhkan bagi sebuah perusahaan seperti nilai rupiah atau saingan perusahaannya. Pengertian Sistem Informasi Manajemen Secara Umum dan Contohnya sangat banyak karena sistem informasi merupakan sesuatu yang dapat mengontrol kehidupan manusia. untuk dapat menjalankan sebuah sistem informasi manajemen, dibutuhkan sumber daya manusia yang ahli dan dapat memanfaatkan computer sebagai salah satu media untuk penyebaran informasi.

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Secara Umum dan Contohnya di Indonesia


Computer bermanfaat untuk mengolah dara tetapi sebuah sistem informasi manajemen melaksanakan tugas lebih dari sekedar pengolahan data. Dalam sistem informasi manajemen , computer digunakan untuk menyajikan informasi bagi manajemen dan untuk membantu mengambil keputusan. Fungsi informasi yaitu umunya untuk menambah pengetahuan, memberi estimasi, untuk perencanaan dan untuk penagmbilan keputusan. Pengertian Sistem Informasi Manajemen Secara Umum dan Contohnya dalam Fungsi Informasi yaitu To increase the knowledge or reduce the uncer tainty of the user yaitu untuk menambah pengetahuan atau mengurangi ketidakpastian pemakai informasi. Informasi yang diasmapaikan kepada pemakai merupakan hasil data yang dimasukkan kedalam pengolahan suatu model pengambilan keputusan. Tetapi kebanyakan pengambilan keputusan yang kompleks, informasi hanya dapat menambah kemungkinan kepastian atau mengurangi beberapa pilihan.

Fungsi Informasi dalam Pengertian SIM

Fungsi informasi lainnya dalam Pengertian Sistem Informasi Manajemen Secara Umum dan Contohnya yaitu To reduce variety yatau mengurangi keanenkaragaman. Untuk mengambil sebuah keputusan, informasi sangat dibutuhkan. Semakin banyak informasi tambahan yang kita dapatkan, maka kemungkinan kebenaran mengambil keputusan semakin besar.  To reduce the variety and uncertainty to evoke a knowledgeable decision yaitu mengurangi keanekaragaman dan ketidakpastian untuk menyebabkan diambilnya suatu keputusan yang baik.  Decision rules for the determination and dissemination of error signals and feedback for control purposes atau adanya aturan-aturan keputusan untuk penentuan dan penyebaran tanda-tanda kesalahan dan umpan balik guna mencapai tujuan control.

Sistem informasi manajemen dapat digambarkan sebuah piramida yang mana terdiri dari lapisan paling dasar yaitu infomrasi, penjelasan transaksi, penjelasan status dan lainnya. lapisan berikutnya dapat terdiri dari sumber informasi dalam mendukung operasional manajemen sehari-hari. Lapisan ketiga terdiri dari sumber daya sistem informasi yang berguna untuk membantu dalam perencanaan dan pengambilan keputusan untuk pengendalian manajemen. Sedangkan lapisan puncak terdiri dari sumber daya informasi yang berguna untuk membuat perencanaan dan perumusan kebijakan oleh tingkat manajemen. Sebuah sistem merupakan hal yang saling berhubungan, maka dari itu jika salah satunya mengalami kendala maka lainnya juga terhambat. Pengertian Sistem Informasi Manajemen Secara Umum dan Contohnya.

Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen dapat dikatakan merupakan serangkaian sub sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi secara rasional dan terpadu, lalu mampu mentrasformasi data hingga menjadi sebuah informasi melalui serangkaian cara untuk meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya manajer atau atas dasar kriteria tertentu yang telah di tetapkan. Sebelum dijadikan sebuah informasi, awal mulanya adalah pengumpulan data dari sumber-sumber yang jelas. Data tersebut akan diolah dengan manajerial perusahaan dengan ketetapan tertentu. Data diolah dengan menggunakan sistem computer. Pengertian Sistem Informasi Manajemen Secara Umum dan Contohnya, pada data yaitu seperti data berupa angka, huruf atau gambar. Seluruh data tersebut akan diolah dan hasilnya merupakan sebuah informasi.

Manajemen memiliki fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, pengarahan dalam sebuah organisasi. Sedangkan informasi dalam sebuah organisasi adalah data yang diolah sedemikian rupa sehingga memiliki nilai dan arti bagi organisasi tersebut. jadi sistem informasi manajemen merua=pakan sistem yang berfungsi untuk mengolah dan mengorganiasaikan data dan informasi yang berguna untuk mendukung pelaksanaan tugas dalam sebuah organisasi dan untuk membantu dalam membuat keputusan atau kebijakan organisasi. Pengertian Sistem Informasi Manajemen Secara Umum dan Contohnya yaitu bahwa SIM merupakan sistem berbasis computer yang menyediakan informasi bagi penggunanya yang memiliki kebutuhan yang sama.

Informasi yang ada pada sistem computer dapat menjelaskan mengenai perusahaan atau salah satu sistem yang terjadi di masa lalu, apa yang terjadi sekarang dan apa yang akan terjadi di masa depan. Informasi yang tersedia dapat berbentuk angka, gambar, laporan periodic atau laporan khusus. Seluruh informasi yang didapatkan akan diolah sehingga membentuk sebuah output informasi. Output informasi tersebut akan digunakan oleh menejer atau staff lain dalam perusahaan yang akan membantu mereka dalam membuat keputusan dalam menyelesaikan masalah. Namun perancangan, penerapan dan pengoperasian sistem informasi manajemen terbilang mahal dan sulit olh sebab itu biasanya SIM akan dimiliki oleh perusahaan yang besar. Pengertian Sistem Informasi Manajemen Secara Umum dan Contohnya memiliki banyak keuntungan dalam setiap perusahaan yang memanfaatkannya.

Pengertian Sistem Informasi Manajemen Secara Umum dan Contohnya pada Awal dari komputerisasi informasi bermula dari manusia yang secara manual memerintahkan computer melaukukan hal yang diinginkan. Namun setelah abad ke 20 akhirnya sistem informasi manajemen mulai berkembang sevagai sistem yang terintegras pada berbagai induk perusahaan dan cabanya. Sistem tersebut kebudian dibentuk menjadi sistem informasi berbasis computer (computer based information system) yang sampai saat ini dikenal dan berjalan secara otomatis tanpa harus mengandalkan kemampuan manusia secara manual. SIM memiliki elemen fisim yang dibutuhkan demi kelancara sistem yaitu seperti perangkat keras computer dan perangkat lunak yang dapat menjalankan sistem dalam sebuah program aplikasi. Baik perangkat keras atau lunak, keduanya harus sama-sama ada agar sistem dapat berjalan dengan lancar.

Fungsi Sistem Informasi Manajemen 

fungsi dari SIM dalam sebuah organisasi yaitu untuk mempermudah pihak manajemen dalam melaksanakan perencanaan, pengawasan, pengarahan dan pendelegasian kerja pada semua cabag atau departemen. Pengertian Sistem Informasi Manajemen Secara Umum dan Contohnya dalam fungsi selanjurnya yaitu untuk meningkatkan produktifitas dan penghematan biaya dalam organisasi. Selain itu fungsi SIM adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas data yang pasti akurat dan tepat waktu. SIM juga berfungsi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia karena adanya unit sistem kerja yang terkoordinir dan sistematis.

Ada banyak contoh SIM yaitu seeperti Supply Chain Management (SCM) yaitu merupakan sistem yang sangat bermanfaat bagi pihak manajemen . karena data yang disajikan terintergasi mengenai manajemen suplai bahan baku yaitu mulai dari pemasok, produsen, pengecer hingga konsumen akhir. Pengertian Sistem Informasi Manajemen Secara Umum dan Contohnya lainnya yaitu Transaction Processing System (TPS)merupakan sistem transaksi bisnis secara rutin yang biasanya diaplikasikan pada manajemen gaji dan inventaris. Contoh mudah lainnya penerapan SIM adalah pada aplikasi cuaca yang terdapat pada smartphone. Aplikasi cuaca memberikan informasi yang akurat mengenai kondisi cuaca dan suhu di lingkungan penggunanya, sehingga aplikasi ini merupakan salah satu SIM.

Posting Komentar untuk "Pengertian Sistem Informasi Manajemen Secara Umum dan Contohnya di Indonesia"