Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Pengertian Kemampuan

Pengertian Kemampuan

Guru dalam melaksanakan tugas-tugas dengan baik memerlukan kemampuan.Kemampuan diperlukan agar tugas-tugas guru dapat sesuai dengan tujuan. Cooper dalam Zahera (2011:3), mengemukakan bahwa “guru harus memiliki kemampuan merencanakan pengajaran, menuliskan tujuan pengajaran, menyajikan bahan pelajaran, memberikan pertanyaan kepada siswa, mengajarkan konsep berkomunikasi dengan siswa, mengamati kelas dan mengevaluasi hasil belajar”.
Kemampuan guru yang biasa di sebut dengan istilah kompetensi guru adalah kemampuan atau kesanggupan guru dalam mengelola pembelajaran.Kemampuan merupakan suatu penilaian individu terhadap hasil yang diharapkan. Menurut Robbin (2000:  67) pengertian kemampuan yaitu:
kemampuan merupakan bawaan  kesanggupan sejak lahir atau merupakan hasil dari latihan yang digunakan  untuk melakukan suatu pekerjaan.  Kemampuan tersebut meliputi kemampuan fisik dan kemampuan intelektual.Kemampuan fisik berkaitan dengan stamina dan karakteristik tubuh, sedangkan kemampuan intelektual berkaitan dengan aktivitas mental.

Berdasarkan teori di atas dapat di simpulkan kemampuan merupakan kesanggupan seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan.Pengertian kemampuan juga dikemukakan oleh Soehardi (2003:24) yaitu yang dimaksud “kemampuan atau abilities ialah bakat yang melekat pada seseorang untuk melakukan suatu kegiatan secara phisik atau mental yamg ia peroleh sejak lahir,  belajar dan dari pengalaman”. Sedangkan menurut Prawito dalam Stepen P. Robbins (2003:52) “kemampuan  adalah suatu kapasitas individu untuk melaksanakan tugas dalam pekerjaan terrtentu”.

Kemampuan sangat di butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan, seperti menurut pendapat Prawito dalam Soelaiman (2007:112) “kemampuan adalah sifat yang dibawa lahir atau dipelajari yang memungkinkan seseorang yang dapat menyelesaikan pekerjaannya, baik secara mental ataupun fisik”.

Berdasarkan pendapat-pendapat para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa kemampuan merupakan kesanggupan individu untuk melakukan suatu pekerjaan guna mendapatkan hasil untuk mencapai suatu tujuan. Kemampuan yang dimiliki seseorang dapat diperoleh sejak lahir melalui proses belajar dan pengalaman.

Posting Komentar untuk " Pengertian Kemampuan"