Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Pengertian Filsafat Pendidikan, Filsafat Islam dan Filsafat secara Etimologi

Pengertian Filsafat secara Etimologi

Pengertian Filsafat – filsafat ialah kajian mendalam yang dilakukan terhadap ilmu pengetahuan didasarkan atas kecintaan seseorang terhadap ilmu pengetahuan tersebut.. secara etimologi dari bahasa arab berarti “falsafah”. Kata falsafah tersebut pula berasaal dari bahasa yunani yaitu “philosophia”. “Philos” bermakna cinta dan “sophia” bermakna kebenaran atau hikmah. Jadi filsafat menurut bahasa atau etimologi yaitu berarti “cinta kepada kebenaran atau hikmah”. Adapun kata filsafat menurut bahasa yang dikemukakan oleh beberapa ahli, ialah sebagai berikut :



Pengertian Filsafat Pendidikan, Filsafat Islam dan Filsafat secara Etimologi


1.  Prof. Imam Barnadib, MA
Prof. Imam Barnadib, MA berpendapat bahwa filsafat ialah sebaagai pandangan yang menyeluruh dan sistematis. Dikatakan menyeluruh karena filsafat bukan hanya sekedar pengetahuan melainkan suatu pandangan yang dapat menembus sampai balik pengetahuan itu sendiri. Dan dikatakan sistematis karena filsafat menggunakan berpikir secara sadar, teliti dan teratur sesuai dengan hukum- hukum yang ada.

2.  Prof. Ir. Poedjawijatna

Prof. Ir. Poedjawijatna berpendapat mengenai ilmu filsafat bahwa filsafat adalah ilmu yang berusaha mencari sebab yang sedalam- dalamnya bagi gejala sesuatu berdasarkan atas pikiran belaka.

3.  Aristoteles (384- 322 SM)

Aristoteles berpendapat bahwa filsafat ialah menyatakan filsafat menyelidiki sebab dan asas segala benda.

4.  Plato (427 SM- 347 SM)

Plato berpendapat bahwa filsafat adalah pengetahuan tentang segala yang ada (ilmu pengetahuan yang berminat mencapai kebenaran yang asli).

5.  Al- Farabi (wafat 950 M)

Al- Farabi ialah seorang filosof muslim terbesar sebelum Ibnu Sina, berpendapat bahwa filsafat merupakan ilmu pengetahuan tentang alam maujud dan bertujuan menyelidiki hakikat yang sebenarnya.

6.  Drs. H. Hasbullah Bakry

Drs. H. Hasbullah Bakry berpemdapat bahwa filsafat merupakan ilmu yang menyelidiki segala sesuatu dengan mendalam mengenai Ketuhanan, alam semesta dan manusia.

7.  Prof. Dr. Fuad Hasan

Prof. Dr. Fuad Hasan sebagai guru besar psikologi Universitas Indonesia berpendapat bahwa filsafat merupakan suatu ikhtiar untuk berpikir radikal dan berusaha untuk sampai pada kesimpulan- kesimpulan yang universal.

Pengertian Filsafat Pendidikan

Pengertian Filsafat Pendidikan – filsafat pendidikan merupkan suatu aktivitas yang terurut yang menjadikan ilmu filsafat tersebut sebagai jalan mengatur, menyelaraskan dan memadukan proses pendidikan atau bisa diartikal juga sebagai usaha untuk mengembangkan potensi peserta didik. Filsafat pendidikan adalah suatu sistem yang mengatur dan menentukan teori dan praktek pelaksanaan pendidikan yang berdiri di atas landasan dan dijiwai oleh filsafat hidup bangsa "Pancasila" yang diabdikan demi kepentingan bangsa dan negara Indonesia dalam usaha merealisasikan cita-cita bangsa dan negara Indonesia.


Pengertian Filsafat Islam

Pengertian Filsafat Islam – filsafat islam adalah gabungan dari 2 kata yakni filsafat dan Islam. Kata Islam berasal dari bahasa Arab salima yang kemudian dibentuk menjadi aslama.  Oleh karenanya, Islam merupakan bentuk isim mashdar yang berarti berserah diri, selamat atau memelihara diri dalam keadaan selamat. “Filsafat Islam” yaitu cara berpikir untuk mencari kebenaran yang sedalam- dalamnya tentang hakikat sesuatu yang berasal dari prinsip- prinsip Islam. Adapun beberapa ahli yang berpendapat mengenai pengertian Filsafat islam , diantaranya sebagai berikut :

1. Menurut Musthofa Abdur Roziq

Menurut Musthofa Abdur Roziq  berpndapat bahwa bahwa filsafat Islam yaitu filsafat yang tumbuh di negeri Islam dan di bawah naungan negara Islam tanpa memandang agama dan bahasa pemiliknya.

2.  Dr. Ibrahim Madzkur

Dr. Ibrahim Madzkur berpendapat bahwa filsafat Islam ialah ilmu yang mencakup seluruh studi filosofis yang ditulis di bumi Islam.

3.  Ahmad Fuad al-Ahwani

Ahmad Fuad al-Ahwani berpendapat bahwa filsafat Islam merupakan pembahasan tentang alam dan manusia yang disinari ajaran Islam.

4.  Drs. H. A. Musthofa

Drs. H. A. Musthofa berpendapat bahwa filsafat Islam merupakan suatu ilmu yang dicelup ajaran Islam dalam membahas hakikat kebenaran segala sesuatu.

Posting Komentar untuk "Pengertian Filsafat Pendidikan, Filsafat Islam dan Filsafat secara Etimologi"