Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Fakta Menarik Tentang Matahari

Fakta-fakta Matahari | Matahari adalah objek luar angkasa yang dapat kita lihat secara jelas dengan mata secara langsung. Matahari terletak di "jantung" sistem tata surya kita dan merupakan objek terbesar di sistem tata surya. Matahari memiliki 99,8% massa di sistem tata surya kita dan memiliki diameter 109 kali lebih besar dari pada diameter bumi. Jika Matahari adalah objek yang kosong, Matahari dapat menampung kurang lebih sekitar satu juta Bumi di dalamnya.

Matahari, Fakta Menarik Matahari, Fakta-fakta tentang Matahari.
Fakta Menarik Tentang Matahari 
Temperatur permukaan matahari jika diukur kira-kira 10.000 derajat Fahrenheit (atau sekitar 5.500 derajat Celcious). Sedangkan, temperatur di dalam inti matahari bisa mencapai lebih dari 27 juta derajat Fahrenheit (atau sekitar 15 juta derajat Celcius). Jika diasumsikan, Kita mesti meledakan sekitar 100 miliar ton dinamit setiap detik untuk menyamai energi yang diproduksi oleh Matahari, menurut NASA. 

Matahari merupakan salah satu dari lebih 100 miliar bintang yang terdapat di galaksi Bima Sakti (Milky Way Galaxy). Matahari mengorbit sekitar 25.000 tahun cahaya dari inti galaksi, dengan menyelesaikan satu kali revolusi setiap 250 juta tahun sekali. Matahari merupakan bintang yang masih muda, yang merupakan sebuah generasi dari bintang-bintang yang dikenal dengan sebutan "Population I", yang kaya akan unsur-unsur yang lebih berat dari pada helium. Generasi bintang yang lebih tua disebut "Population II", dan generasi bintang paling muda disebut "Population III" yang mungkin sudah ada, walaupun belum ada bintang yang diidentifikasi.

Matahari terlahir sekitar 4.6 miliar tahun yang lalu. Banyak ilmuan berpendapat bahwa matahari dan anggota tata surya yang lain terbentuk dari awan gas besar yang berotasi dengan debu yang dinamakan "solar nebula". Ketika nebula tersebut jatuh karena garvitasinya, nebula tersebut berputar dengan cepat hingga berbentuk rata. Sebagian besar dari materi nebula tersebut diterik ke tengah dan terbentuklah matahari.

Matahari memiliki bahan bakar nuklir yang bisa bertahan hingga 5 miliar tahun. Setelah itu, setelah bahan bakan tersebut habis, matahari akan berkembang dan menarik semua objek disekitarnya (planet di tata surya termasuk bumi) dan berubah menjadi matahari besar yang berwarna merah. Setelah itu, akan meledakan lapisan luarnya hingga hanya menyisakan intinya saja yang kemudian runtuh menjadi bintang kecil berwarna putih. Perlahan, matahari kecil berwarna putih tersebut redup dan memasuki tahap akhir yaitu menjadi hitam.

Sekian penjelasan dari kami, semoga artikel Geografi di atas tentang Fakta Tentang Matahari, semoga bisa bermanfaat dan menjadi sumber belajar online temen-temen semua. Sertakan komen jika dari artikel di atas terdapat beberapa kesalahan. Bagikan ke teman-teman yang lainnya jika dirasa artikel di atas bermanfaat. Terima kasih...

Posting Komentar untuk "Fakta Menarik Tentang Matahari"