Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Dinamika Kelompok-Kelompok Sosial

Dinamika Kelompok-Kelompok Sosial



Kelompok-kelompok sosial bukan merupakan kelompok-kelompok yang statis; setiap kelompok-kelompok sosial pasti mengalami perkembangan serta perubahan. Untuk meneliti gejala tersebut, perlu ditelaah lebih lanjut perihal dinamika kelompok-kelompok sosial tersebut. Beberapa kelompok sosial sifatnya lebih stabil daripada kelompok-kelompok sosial lainnya, atau dengan lain perkataan, strukturnya tidak mengalami perubahan-perubahan yang menyolok. Ada pula kelompok-kelompok sosial yang mengalami perubahan-perubahan yang cepat, walaupun tidak ada pengaruh-pengaruh dari luar. Akan tetapi pada umumnya, kelompok-kelompok sosial mengalami perubahan-perubahan sebagai akibat proses formasi ataupun reformasi dari pola-pola di dalam kelompok tersebut, karena pengaruh dari luar.

Keadaan yang tidak stabil dalam dalam kelompok sosial terjadi karena konflik antara individu-individu dalam kelompok tersebut atau karena adanya konflik antara bagian-bagian kelompok tersebut sebagai akibat tidak adanya keseimbangan antara kekuatan-kekuatan di dalam kelompok itu sendiri. Ada bagian atau segolongan dalam kelompok itu yang ingin merebut kekuasaan dengan mengorbankan golongan lainnya; ada kepentingan yang tidak seimbang, sehingga timbul ketidak-adilan; ada pula perbedaan faham tentang cara-cara memenuhi tujuan kelompok tersebut dan lain sebagainya; kesemuanya itu mengakibatkan perpecahan di dalam kelompok tadi, sehingga timbulah perubahan dalam strukturnya. Timbulnya struktur yang baru tadi, pada akhirnya juga bertujuan untuk mencapai keadaan yang stabil (di kemudian hari). Tercapainya keadaan stabil tersebut sedikit banyaknya juga tergantung pada faktor kepemimpinan dan ideologi yang dengan berubahnya struktur, mungkin juga mengalami perubahan-perubahan. Kadang-kadang konflik dalam kelompok sosial tersebut dapat dikurangi atau bahkan dihapuskan, misalnya dengan mengadakan “kambing-hitam” (scapegoating)atau apabila, umpamanya, kelompok tersebut menghadapi musuh bersama dari luar.

Berubahnya struktur kelompok sosial, dapat terjadi karena sebab-sebab dari luar. Pertama-tama perlu diuraikan mengenai perubahan yang disebabkan karena perubahan-perubahan situasi. Situasi yang dimaksudkan di sini adalah keadaan di mana kelompok tadi hidup. Perubahan-perubahan pada situasi yang bersangkutan dapat pula merubah struktur kelompok sosial tadi. Ancaman-ancaman dari luar, misalnya, seringkali merupakan faktor yang mendorong terjadinya perubahan struktur kelompok sosial. Situasi yang membahayakan yang berasal dari luar memperkuat rasa persatuan dan mengurangi keinginan-keinginan untuk mementingkan diri sendiri dari anggota-anggota kelompok sosial yang bersangkutan.

Sebab yang kedua adalah karena pergantian anggota-anggota kelompok-kelompok. Pergantian anggota-anggota sesuatu kelompok sosial tidak perlu membawa perubahan struktur kelompok tersebut. Umpamanya personalia suatu pasukan. Angkatan bersenjata ada yang sering mengalami pergantian, yang tidak selalu mengakibatkan perubahan strukturnya secara keseluruhan. Akan tetapi ada pula kelompok-kelompok sosial yang mengalami kegoncangan-kegoncangan apabila ditinggalkan salah seorang anggotanya, apalagi kalau anggota yang bersangkutan mempunyai kedudukan penting, misalnya, dalam suatu keluarga.

Lain sebab, yaitu sebab yang ketiga, adalah perubahan-perubahan yang terjadi dalam situasi sosial dan ekonomi. Dalam keadaan depresi misalnya, suatu keluarga akan bersatu untuk menghadapinya, walupun anggota-anggota keluarga tersebut mempunyai agama ataupun pandangan politik yang berbeda satu dengan lainnya.

Di dalam dinamika kelompok, mungkin terjadi antagonisme antar kelompok. Apabila terjadi peristiwa tersebut, maka secara hipotesis prosesnya adalah, sebagai berikut :
Bila dua kelompok bersaing, maka akan timbul stereotip,
Kontak antara kedua kelompok yang bermusuhan, tidak akan mengurangi sikap tindak bermusuhan tersebut,

Tujuan yang harus dicapai dengan kerjasama, akan dapat menetralisirkan sikap tindak bermusuhan,
Di dalam kerjasama mencapai tujuan, stereotip yang semula negatif menjadi positif.

Suatu konflik antar kelompok mungkin terjadi karena persaingan untuk mendapatkan mata pencaharian hidup yang sama, atau terjadi pemaksaan unsur-unsur kebudayaan tertentu. Disamping itu mungkin ada pemaksaan agama, dominasi politik atau adanya konflik tradisionil yang terpendam. Suatu contoh adalah hubungan antara mayoritas dan minoritas, dimana reaksi golongan minoritas adalah mungkin dalam bentuk sikap tindak menerima, agresif, menghindari atau asimilasi.

Masalah dinamika kelompok, juga menyangkut gerak atau perilaku kolektif. Gejala tersebut merupakan suatu cara berpikir, merasa dan beraksi dari suatu kolektiva yang serta merta dan tidak terstruktur. Sebab-sebab suatu kolektiva menjadi agresif adalah, antara lain :

  1. Frustasi selama jangka waktu yang lama,
  2. Tersinggung,
  3. Dirugikan,
  4. Ada ancaman dari luar,
  5. Diperlakukan tidak adil,
  6. Terkena pada bidang-bidang kehidupan yang sangat sensitif.

Posting Komentar untuk "Dinamika Kelompok-Kelompok Sosial"