Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

10 Bintang Terbesar di Alam Semesta

Bintang Terbesar di Alam Semesta ~ Bintang adalah bola plasma berukuran besar yang disatukan oleh gravitasi. Seperti yang Anda tahu bintang terdekat Bumi adalah Matahari di pusat Tata Surya. Matahari memiliki diameter sekitar 1.392.684 km. Namun, dibandingkan dengan bintang-bintang lainnya yang ditemukan di alam semesta, bintang utama kita sangatlah kecil. Beberapa bintang lain terlihat dari Bumi pada malam hari, muncul sebagai banyak titik bercahaya yang tetap karena jaraknya yang sangat jauh. Secara historis, bintang yang paling menonjol dikelompokkan menjadi rasi bintang, dan bintang paling terang memperoleh nama yang tepat. Berikut adalah daftar 10 besar bintang terbesar yang dikenal di alam semesta: 
Alam Semesta, Galaksi di Alam Semesta, Pengertian Alam Semesta, Teori Alam Semesta, Sejarah Alam Semesta
10 Bintang Terbesar di Alam Semesta

10. Sirius

Bintang paling terang di langit malam antara 200 dan 300 juta tahun. Sirius bisa dilihat dari mana saja di permukaan bumi. Jarak dari Bumi sekitar 8,6 tahun cahaya. Sirius memiliki ukuran sekitar dua kali lebih besar dari Matahari dan 25 kali lebih terang daripada Matahari. Sirius memiliki radius 1,2 juta km, yang 71% lebih besar dari jari-jari Matahari. Suhu permukaan sekitar 9.940 K

9. Pollux

Bintang pollux terletak di sekitar 34 tahun cahaya dari bumi, sekitar sembilan kali lebih besar dari matahari dengan massa dua kalinya, radiusnya adalah 5.564.000 km. Pollux adalah bintang paling terang di konstelasi Gemini. Suhu permukaan sekitar 4.865 K.

8. Arcturus

Arcturus adalah bintang raksasa merah yang merupakan bintang paling terang di rasi Botes (the Herdsman). Arcturus adalah bintang terang keempat di langit malam, setelah Sirius, Canopus dan Alpha Centauri. Jarak dari Bumi sekitar 36,8 tahun cahaya. Arcturus sekitar 25 kali lebih besar dari matahari, radiusnya sekitar 17.870.000 km. Arcturus berusia sekitar 7,1 miliar tahun dan kemungkinan mulai menggabungkan helium menjadi oksigen dan karbon di intinya. Suhu permukaan kira-kira 4.290 K. Arcturus akan berkembang lebih jauh setelah pasokan heliumnya habis, terlepas dari kulit terluarnya dan menjadi bintang kurcaci putih di dalam nebula planet.

7. Aldebaran

Aldebaran adalah bintang raksasa oranye yang terletak sekitar 65 tahun cahaya di rasi Taurus. Aldebaran sekitar 44,2 kali lebih besar dari Matahari, radiusnya sekitar 30.740.000 km. Suhu permukaan kira-kira 3.910 K. Jaraknya dari bumi sekitar 65,1 tahun cahaya. Aldebaran bersinar dengan 425 kali lebih terang dari Matahari.

6.Rigel

Rigel adalah bintang paling terang di rasi Orion dan bintang paling terang ketujuh di langit malam. Sekitar 12.000 kali bercahaya seperti Matahari. Rigel paling terlihat di malam musim dingin di belahan bumi utara dan musim panas di selatan. Jarak dari Bumi sekitar 860 tahun cahaya. Ini sekitar 78 kali lebih besar dari Matahari, radiusnya kira-kira 54.250.000 km. Suhu permukaan sekitar 11.000 K.

5. Antares

Antares adalah bintang paling terang di rasi Scorpius, memiliki sekitar 850 kali radius Matahari dan 12 kali lebih besar dari Matahari, jika ditempatkan di pusat tata surya kita, ia akan mencapai orbit Mars. Jarak dari Bumi sekitar 550 tahun cahaya. Ini sekitar 57.500 kali lebih terang dari Matahari. Sekitar 12 juta tahun Antares sudah mendekati akhir masa pakainya dan diperkirakan akan meledak sebagai supernova dalam jutaan tahun mendatang. Bintang massa rendah seperti matahari kita ada dalam urutan utama mereka selama beberapa miliar tahun. Suhu permukaan sekitar 18.500 K.

4. Betelgeuse

Betelgeuse adalah si raksasa merah yang merupakan bintang paling terang kesembilan (bintang paling terang di langit adalah Sirius) di langit malam dan terang kedua di rasi Orion. Bintang ini berjarak 640 tahun cahaya dari Bumi dengan massa 20 kali lebih besar daripada Matahari. Betelgeuse memiliki radius sekitar 820.700.000 km. Jari-jari bintang ini sekitar 1200 kali lipat dari Matahari kita. Suhu permukaan sekitar 3.600 K.

3. Mu Cephei

Mu Cephei adalah bintang supergiant merah di rasi Cepheus. Mu Cephei adalah salah satu bintang terbesar dan paling bercahaya yang dikenal di Bima Sakti. Jarak ke Mu Cephei kira-kira 6000 tahun cahaya. Dengan massa 20 kali lebih besar dari Matahari, ia memiliki radius 1.420 kali lebih besar daripada Matahari, sekitar 988.036.000 km. Suhu permukaan sekitar 3.690 K. Mu Cephei mendekati kematian. Mu Cephei telah mulai menyatukan helium menjadi karbon, sedangkan bintang sekuens utama menyatukan hidrogen menjadi helium. Siklus helium-karbon menunjukkan bahwa Mu Cephei berada dalam fase terakhir dalam hidupnya dan dapat meledak sebagai supernova. Sekitar 38.000 kali bercahaya seperti Matahari.

2. VV Cephei

VV Cephei terletak di rasi Cepheus, VV Cephei berjarak sekitar 4.900 tahun cahaya dari Bumi. VV Cephei juga dikenal sebagai HD 208816. Suhu permukaan sekitar 3.600 K. Bintang hypergiant merah ini diperkirakan memiliki jari-jari lebih besar 1.050 dan 1.100 kali dari pada jari-jari Matahari.

1. VY Canis Majoris

VY Canis Majoris adalah hypergiant merah di rasi Canis Major. VY Canis Majoris adalah bintang terbesar yang pernah diketahui tidak hanya diukur dari besarnya jari-jari tetapi juga merupakan jeni bitang yang paling bercahaya. Jari-jarin bintang VY Canis Majoris kira-kira 1.540 kali lebih besar dari Matahari dan memiliki 25 kali massa Matahari. VY Canis Majoris lebih terang 270.000 kali dari Matahari. Jika VY Canis Majoris berada di sistem tata surya kita, dengan ukuran yang sebesar ini, VY Canis Majoris akan mencapai hampir orbit Saturnus jika ditempatkan di tata surya kita. Bintang ini berjarak 4.900 tahun cahaya dari Bumi

Demikianlah ke-10 Bintang Terbesar di Alam Semesta. Dari penjelasan di atas kita tahu bahwa kita bukan apa-apa di alam semesta, bahkan bumi atau pun matahari di sistem tata surya kita hanya bagian paling kecil dari alam semesta ini. Semoga dari penjelasan di atas bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang fenomena di alam semesta.

Posting Komentar untuk "10 Bintang Terbesar di Alam Semesta"