Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Apa itu Permintaan dan Penawaran

Halo sobat ketemu lagi dengan saya, kali ini saya akan membahasa mengenai apa itu permintan dan apa itu penawaran, kedua-duanya ini memiliki hubungan yang ndak bisa di pisahkan, kenapa ? karena setiap kali ada permintaan suatu barang pasti akan di barengi dengan penawaran barang tersebut, jadi permintaan dan penawaran merupakan suatu komponen yang tidak bisa di pisahkan. Oh ya sobat langsung saja kita bahas mengenai pengertian permintaan, pengertian penawaran, hukum permintaan, hukum penawaran , faktor-faktor yang mempengaruhi perminaan dan penawaran, supaya kita jauh lebih paham lagi.

  A.  Permintaan

Permintaan dan Penawaran

Pengertian Permintaan dan Jumlah barang yang diminta.

Permintaan didefinisikan sebagai berbagai kombinasi harga dan Jumlah barang yang ingin dan dapat dibeli oleh individu pada Waktu tertentu.


Jumlah barang yang diminta didefinisikan sebagai jumlah barang yang ingin dan dapat dibeli pada harga tertentu.

Hukum Permintaan
berbunyi: semakin tinggi harga suatu barang maka semakin sedikit barang yang diminta atau semakin rendah  harga suatu barang maka semakin banyak barang yang diminta.”
Faktor Faktor yang mempengaruhi Permintaan
       Harga barang itu sendiri
       Selera
       Pendapatan
       Jumlah penduduk
       Harapan atau ekspektasi
       Harga barang lain yang berhubungan

  B. Penawaran

Penawaran adalah sejumlah barang dan jasa yang disediakan untuk dijual pada berbagai tingkat harga pada waktu dan tempat tertentu.
Jumlahnya penawaran sebagai akibat adanya permintaan dan sebaliknya, sehingga antara penawaran dan permintaan tidak dapat dipisahkan.

Hukum Penawaran
Apabila harga naik, maka jumlah barang/jasa yang ditawarkan meningkat/bertambah,
Jika harga barang/jasa turun, maka jumlah barang/jasa yang ditawarkan berkurang/turun.

Hukum penawaran berbanding lurus dengan harga barang. Hukum ini juga tidak berlaku mutlak (cateris paribus).

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Jumlah yang Ditawarkan
a.   Biaya produksi (input)
Tinggi/rendahnya biaya produksi akan mempengaruhi harga jual yang pada akhirnya akan mempengaruhi jumlah yang ditawarkan.
b. Teknologi
Maju/mundurnya atau canggih tidaknya teknologi akan mempengaruhi jumlah penawaran. Makin canggih teknologi, produktifitas semakin besar, harga menjadi murah, jumlah yang ditawarkan meningkat dan sebaliknya.
c. Kebutuhan akan uang tunai
Mendesak atau tidaknya kebutuhan uang tunai bagi perusahaan akan berpengaruh kepada harga jual yang akhirnya berpengaruh pada jumlah penawaran barang/jasa.
d. Harapan keuntungan
Tingkat keuntungan produsen, besar kecilnya laba akan menentukan harga jual. Keuntungan yang besar akan diperoleh jika harga barang murah, sehingga jumlah penawaran meningkat, yang pada akhirnya akan meningkatkan keuntungan.
e. Harapanharga masa yang akan datang
Bagi produsen yang mampu menahan barang untuk dijual pada saat harga dianggap lebih menguntungkan, produsen akan menahan barang, sehingga mempengaruhi jumlah penawaran.

Sampai sini dulu sobat semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu kita semua.

Posting Komentar untuk "Apa itu Permintaan dan Penawaran"