Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Contoh Soal Pemanfaatan SIG untuk Inventarisasi Sumber Daya Alam dan Perencanaan Pembangunan

Contoh Soal Pemanfaatan SIG untuk Inventarisasi Sumber Daya Alam dan Perencanaan PembangunanPengindraan jauh adalah bagian dari Sistem Informasi Geografis (SIG). Bagaimanakah pemanfaatan SIG untuk inventarisasi sumber daya alam? Bagaimanakah pemanfaatan SIG untuk perencanaan pembangunan? Berikut penjelasannya. 

TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mempelajari bahasan ini, kalian diharapkan mampu memahami mengenai pemanfaatan SIG untuk inventarisasi sumber daya alam dan perencanaan pembangunan.
1. SIG DAN PEROLEHAN DATA
Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah sistem informasi yang didasarkan pada data keruangan dan merepresentasikan obyek di bumi. Dalam SIG, teknologi informasi merupakan perangkat yang membantu dalam menyimpan, memproses, menganalisa, serta mengelola data guna menyajikan informasi. SIG merupakan sistem terkomputerisasi yang mendukung pengelolaan data tentang lingkungan dalam bidang Geografi. SIG selalu memiliki relasi dengan disiplin keilmuan Geografi, karena mengkaji hal-hal berkenaan bumi.
SIG mempunyai kemampuan untuk menghubungkan berbagai data pada suatu titik tertentu di bumi, menggabungkannya, menganalisa, dan akhirnya memetakan hasilnya. Data yang diolah pada SIG adalah data spasial yaitu sebuah data yang berorientasi geografis dan merupakan lokasi yang memiliki sistem koordinat tertentu, sebagai dasar referensinya. Itulah sebabnya, aplikasi SIG dapat menjawab beberapa pertanyaan seperti lokasi, kondisi, trend, pola, dan pemodelan. Kemampuan inilah yang membedakan SIG dengan sistem informasi lainnya.
SIG dapat diuraikan menjadi beberapa subsistem berikut:
1) Data Input 
Subsistem yang bertugas untuk mengumpulkan, mempersiapkan, dan menyimpan data spasial dan atributnya dari berbagai sumber. Sub-sistem ini pula yang bertanggung jawab dalam mengonversikan atau mentransformasikan format-format data asli ke dalam format yang dapat digunakan oleh perangkat SIG bersangkutan.
2) Data Output
Subsistem yang bertugas untuk menampilkan atau menghasilkan keluaran (termasuk mengubahnya ke format yang dikehendaki) seluruh atau sebagian basis data (spasial), baik dalam bentuk softcopy maupun hardcopy seperti halnya tabel, grafik, report, peta, dan lainnya. 
3) Data Management
Subsistem yang mengorganisasikan, baik data spasial maupun tabel-tabel atribut terkait, ke dalam sebuah sistem basis data sedemikian rupa hingga mudah dipanggil kembali, diperbaharui, dan diteliti ulang. 
4) Data Manipulation and Analysis
Subsistem yang menentukan informasi-informasi yang dapat dihasilkan oleh SIG. Selain itu, subsistem ini juga melakukan manipulasi (evaluasi serta penggunaan fungsi-fungsi dan operator matematis juga logika) dan pemodelan data untuk menghasilkan informasi yang diharapkan.
2. SIG UNTUK INVENTARISASI SUMBER DAYA ALAM
SIG banyak digunakan untuk berbagai kepentingan, antara lain, untuk perencanaan, analisis, dan pengambilan keputusan atau suatu kebijakan mengenai suatu daerah. Manfaat SIG dalam inventarisasi sumber daya alam, di antaranya:
1) Pengelolaan Sumber Daya Alam
Melalui penerapan SIG, dapat diidentifikasi tentang potensi-potensi alam yang tersebar di suatu wilayah. Identifikasi akan memudahkan dalam pengelolaan sumber alam untuk kepentingan umum. Secara sederhana, manfaat SIG dalam inventarisasi sumber daya alam adalah untuk mengetahui persebaran berbagai sumber daya alam, seperti minyak bumi, batu bara, gas alam, emas, besi, dan barang tambang lainnya.
2) Pengelolaan Rehabilitasi Pasca Bencana
Misalnya, saat bencana tsunami menerjang Aceh dan Nias, Badan Rehabilitasi-Rekonstruksi Aceh-Nias (BRR Aceh-Nias) menggunakan SIG untuk memetakan kondisi terkini dan menentukan prioritas pembangunan di lokasi yang paling parah kerusakannya.
Secara konkret, manfaat SIG adalah:
1) Untuk pengawasan daerah bencana alam, antara lain:
• Memantau luas wilayah bencana alam,
• Pencegahan terjadinya bencana alam di masa yang akan datang, dan
• Menyusun rencana-rencana pembangunan kembali daerah bencana.
2) Untuk mengetahui persebaran kawasan lahan, antara lain:
• Kawasan lahan potensial dan lahan kritis,
• Kawasan hutan yang masih baik dan hutan rusak,
• Kawasan lahan pertanian dan perkebunan, serta
• Pemanfaatan perubahan penggunaan lahan.
3. SIG UNTUK PERENCANAAN PEMBANGUNAN
Dalam perencanaan pembangunan, SIG berfungsi untuk:
• Penataan Ruang dan Pembangunan Sarana/Prasarana
Manfaat teknologi SIG dapat berbentuk banyak hal, mulai dari untuk analisis dampak lingkungan, daerah serapan air, kondisi tata ruang kota, dan masih banyak lagi. Penataan ruang menggunakan SIG akan menghindarkan terjadinya banjir, kemacetan, kegagalan infrastruktur dan transportasi, hingga keruwetan pembangunan perumahan dan perkantoran.
Pemanfaatan dan pembangunan lahan yang dimiliki oleh pemerintah daerah perlu dilakukan dengan penuh pertimbangan dari berbagai aspek. Misalnya, wilayah pembangunan di kota biasanya dibagi menjadi daerah permukiman, industri, perdagangan, perkantoran, fasilitas umum, dan jalur hijau. SIG dapat membantu pembuatan perencanaan setiap wilayah tersebut dan hasilnya dapat digunakan sebagai acuan untuk pembangunan fasilitas-fasilitas yang diperlukan.
Dengan kemampuan SIG yang bisa memetakan apa yang ada di luar dan di dalam suatu area, kriteria-kriteria ini dapat digabungkan sehingga memunculkan irisan daerah yang tidak sesuai, agak sesuai, dan sangat sesuai dengan seluruh kriteria. Contoh lain, seperti pembangunan lokasi pabrik, pasar, fasilitas-fasilitas umum, lokasi jaringan-jaringan listrik, telepon, dan air. Setelah lokasi yang sesuai didapatkan, desain pembangunan fasilitas tersebut dapat digabungkan dengan SIG untuk mendapatkan perspektif yang lebih riil.
• Bisnis dan Ekonomi
Dengan adanya peta informasi daerah, dapat ditentukan arah pembangunan. Maka, para investor pun bisa menentukan strategi investasinya berdasarkan kondisi geografis yang ada, kondisi penduduk dan persebarannya, hingga peta infrastruktur dan aksesibilitas.

Contoh Soal Pemanfaatan SIG untuk Inventarisasi Sumber Daya Alam dan Perencanaan Pembangunan

SIG didasarkan pada data ….
Perhatikan hal berikut!
1) Menyimpan
2) Memproses
3) Menganalisa
4) Mengelola 
5) Merekayasa
Dalam SIG, teknologi informasi merupakan perangkat yang membantu dalam berbagai hal, kecuali ….
Aplikasi SIG dapat menjawab beberapa pertanyaan, kecuali ….
Pernyataan yang tidak tepat mengenai subsistem Data Input ialah ….
Subsistem Data Management berfungsi untuk …
Perhatikan hal berikut!
1) Menentukan informasi-informasi yang dapat dihasilkan oleh SIG
2) Melakukan manipulasi
3) Mengonversikan atau mentransformasikan format-format data asli
4) Menampilkan atau menghasilkan keluaran
Subsistem Data Manipulation and Analysis berfungsi ….
Secara praktis, SIG dapat digunakan untuk berbagai kepentingan, kecuali ….
SIG dapat difungsikan untuk mengetahui persebaran kawasan lahan, yakni ….
Penataan ruang menggunakan SIG akan menghindarkan berbagai hal, kecuali ….
Dengan adanya peta informasi daerah, dapat ditentukan ….

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Pemanfaatan SIG untuk Inventarisasi Sumber Daya Alam dan Perencanaan Pembangunan"