Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Persamaan Dasar Akuntansi (PDA)

Persamaan Dasar Akuntansi adalah suatu proses pencatatan tentang perubahan unsur-unsur keuangan pada suatu perusahaan karena adanya suatu transaksi. Unsur-unsur tersebut diantaranya mengenai Harta, Utang atau Kewajiban, dan Modal). Ketiga unsur tersebut sangat berpengaruh terhadap posisi keuangan sebuah perusahaan, terjadinya perubahan satu akun akan berpengaruh terhadap perubahan akun yang lainnya dengan jumlah yang sama.

                                   
      HARTA = UTANG + MODAL


Rumus akuntansi dasar
Accounting Asset = Liabilities + Owners Equity
Hartaadalah semua kekayaan yang dimiliki olehsuatu perusahaan yang mempunyai nilai baik itu berwujud ataupun tidak berwujud.

Utangadalah suatu kewajiban yang harus ditanggung oleh perusahaan karena akibat dari adanya transaksi yang bernilai ekonomi yang terjadi di masa lalu.

Modaladalah  hak pemilik atas kekayaan perusahaan yang sudah dikurangi dengan kewajiban atau disebut juga sebagai kekayaan bersih.


Pengaruh Transaksi terhadap Persamaan dasar akuntansi

Hubungan antara harta, utang, dan modal sangatlah erat, ketiga unsur ini merupakan bagian utama yang mempengaruhi posisi keuangan. Setiap adanya transaksi yang terjadi akan berpengaruh terhadap ketiga unsur tersebut, pengaruhnya  adalah sebuah transaksi dapat menambah dan mengurangi ketiga unsur tersebut, sehingga perubahan unsur-unsur tersebut haruslah seimbang baik di sisi kanan ataupun  sisi kiri. Untuk lebih pahamnya lihatlah tabel dibawah ini.


Keterangan
Bertambah
Berkurang
Harta
Debet
Kredit
Utang
Kredit
Debet
Modal
Kredit
Debet
Pendapatan
Kredit
Debet
Perlengkapan
Debet
Kredit
Pembelian
Debet
Kredit
Beban
Debet
Kredit










Contoh Penerapannya dalam Transaksi

penerapan akuntansi pada transaksi
Perhitungan menggunakan kalkulator
Berikut gambaran transaksi dari usaha salon ‘’Lovely’’ pada tanggal 01 Agustus 2015 serta pengaruhnya terhadap persamaan dasar akuntansi.

Transaksi 1
Siti pada tanggal 1 agustus 2015 mendirikan salon yang diberi nama ‘’ Lovely’’ dengan menginvestasikan uangnya sebesar Rp. 500.000
Analisis
Transaksi ini merupakan transaksi awal investasi pemilik pertama kali. Akibat dari transaksi ini salon Lovely menerima uang tunai sebesar Rp. 500.000. sebaliknya juga ini sebagai modal awal pemilik untuk mendirikan sebuah salon yaitu sebesar Rp. 500.000.

Transaksi 2
Siti membeli perlengkapan salon secara tunai dengan harga Rp. 400.000.
Analisis
Transaksi ini termasuk transaksi secara tunai. Akibat dari transaksi ini salon lovely menerima perlengkapan secara tunai sebesar Rp. 400.000. sebaliknya juga salon Lovely mengeluarkan uang kas sebesar Rp. 400.000 untuk membayar pembelian tersebut, jadi kas berkurang sebesar Rp. 400.000 dan perlengkapan bertambah sebesar Rp. 400.000.

Transaksi 3
Mendapatkan pinjaman uang sebesar Rp. 800.000 dari bank BRI
Analisis
Transaksi ini termasuk transaksi penerimaan kredit. Akibat dari transaksi ini adalah perusahaan menerima pinjaman uang sebesar Rp. 800.000. sehingga kasnya bertambah, sedangkan karena ini mendapat pinjaman jadi utang dari salon lovely juga bertambah sebesar Rp. 800.000

Transaksi 4
Siti menerima pendapatan dari pelanggan atas jasa salonnya sebesar Rp. 250.000
Analisis
Transaksi ini tergolong transaksi penerimaan kas. Akibat dari transaksi ini, pemilik salon menerima uang sehingga aktiva bertambah sebesar Rp. 250.000. dan sebaliknya diikuti dengan bertambahnya pendapatan. Pertambahan pendapatan berarti bertambahnya modal dari salon tersebut.

Transaksi 5
Membayar upah karyawan salon siti cantik sebesar Rp. 75.000
Analisis
Transaksi ini digolongkan sebagai trasaksi pengeluaran kas. Akibat dari transaksi ini pemilik salon mnegeluarkan uang kas sebesar Rp. 75.000 yang berarti ada aktiva yang berkurang. Sebaliknya transaksi ini berakibat bertambahnya beban-beban operasi sebesar Rp. 75.000. bertambahnya beban-beban ini berarti berkuragnya modal pemilik salon.


Berikut gambaran pengaruh transaksi terhadap persamaan dasar akuntansi.

Perhitungan Persamaan Dasar Akuntansi
Gambaran mengenai Persamaan DasarAkuntansi
       
  












Posting Komentar untuk "Persamaan Dasar Akuntansi (PDA)"