Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Pengertian Politik Luar Negeri Bebas Aktif, Contoh Tujuan dan Landasannya

Pengertian, Tujuan dan Landasan politik luar negeri bebas aktif – pada artikel sebelumnya saya sudah menjabarkan mengenai Pengertian Politik Hukum, Politik Etis dan Politik Islam. Kali ini akan saya jelaskan singkat mengenai Pengertian Politik Luar Negeri, Contoh, Tujuan serta Landasannya. Langsung saja kita ulas satu persatu sebagai berikut :

Pengertian Politik Luar Negeri Bebas Aktif, Contoh Tujuan dan Landasannya


Pengertian Politik Luar Negeri Bebas Aktif Menurut Ahli

Pengertian Politik Luar Negeri Bebas Aktif – yang dimaksud dengan Politik Luar Negeri Bebas Aktif? Menurut Mochtar Kusumaatmadja “ ialah politik yang tidak memihak pada kekuatan Negara lain yang tidak searah dengan norma-norma pancasila dan tetap selalu aktif dalam menjalankan kebijaksanaan luar negeri, pula tidak diam, dalam artian cepat tanggap dalam merespon bermacam kejadian yang terjadi di dunia internasional “.

Definisi Politik Luar Negeri Bebas Aktif - Definisi Politik Luar Negeri Bebas Aktif menurut A.W. Wijaya ialah “politik bebas yang tidak terikat pada suatu blog Negara adikuasa tertentu serta aktif dalam mengembangkan kerjasama international dengan Negara lain”.

Contoh Politik Luar Negeri Bebas Aktif

Adapun Contoh Politik Luar Negeri Bebas Aktif secara umum dapat digambarkan sebagai berikut :

1.  Membantu Negara lain yang sedang tertimpa musibah atau bencana alam;

2.  Mengembangkan hubungan diplomatic dengan Negara lain dalam berbagai bidang seperti ekonomi, hukum, sosial, dan lainnya;

3.  Mengakui kedaulatan dan kemerdekaan Negara lain;

4. Mengirim tentara maupun pasukan perdamaian untuk membantu meredakan konflik yang terjadi di Negara lain;

5.  Ikut serta dalam berbagai organisasi skala internasional.

Tujuan Politik Luar Negeri Bebas Aktif

Adapun Tujuan dari Politik Luar Negeri Bebas Aktif ialah sebagai berikut :

1.  Negara Indonesia ingin bersahabat dengan negara-negara lain atas dasar saling menghargai dan tidak akan mencampuri urusan dalam negeri negara lain. Indonesia menjalankan politik bertetangga baik dengan semua negara di dunia;

2.  Indonesia membantu pelaksanaan keadilan sosial internasional dengan berpedoman kepada Piagam PBB;

3.  Negara Indonesia menjalankan politik damai, dalam arti bangsa Indonesia bersama-sama dengan masyarakat bangsa-bangsa lain di dunia ingin menegakkan perdamaian dunia dan

4.  Negara Indonesia menjunjung tinggi sendi-sendi hukum internasional.


Landasan Politik Luar Negeri Bebas Aktif

Landasan Politik Luar Negeri Bebas Aktif - Secara sosial bangsa Indonesia menghendaki kehidupan yang damai dengan semua negara di dunia. Sebab itu, kita tidak hanya menjalin kerjasama dengan negara-negara tertentu saja. Kita terbuka terhadap semua bangsa dan negara dalam menjalin kerjasama. Secara kejiwaan, apabila bangsa kita membatasi diri hanya dengan negaranegara tertentu saja, maka dapat menyebabkan bangsa kita terkucil oleh salah satu kelompok.

Pelaksanaan politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif memilki landasan yang kuat dan kokoh. Landasan tersebut tercantum pada alinea pertama dan keempat Pembukaan UUD Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945 serta pasal 11 UUD 1945.

Dalam alinea pertama disebutkan bahwa penjajahan harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Sedangkan dalam alinea keempat dinyatakan bahwa ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Politik Luar Negeri Bebas Aktif, Contoh Tujuan dan Landasannya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda. 

Posting Komentar untuk "Pengertian Politik Luar Negeri Bebas Aktif, Contoh Tujuan dan Landasannya"