Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Pengertian Planet (Planet Luar & Dalam)

Anggota tata surya adalah matahari serta semua benda angkasa yang pergerakkany selalu dipengaruhi oleh gravitas matahari. Benda angkasa tersebut meliputi 8 buah planet, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus. Benda-benda angkasa lainnya seperti satelit, asteroid, komet, dan meteorit. Plant-planet anggota tata surya tersebut merupakan benda angkasa yang gelap, tetapi dapat bercahaya karena memantulkan cahaya Matahari.

Pengertian Planet, Planet Luar, Planet Dalam, Apa itu Planet, Definisi Planet,
Pengertian Planet (Planet Luar & Dalam) 
Planet adalah benda angkasa yang tidak memiliki sumber cahaya sendiri dan bergark mengelilingi Matahari dalam orbitnya yang berbentuk elips. Selain bergerak mgnelilingi Matahari, planet ternyata juga berputar pada porosnya yang arah gerakannya berlawanan dengan arah gerak jarum jam.

Berdasarkan jaraknya terhadap Matahari, planet dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok planet dalam dan planet luar. Kedua kelompok planet ini dipisahkan atau dibatasi oleh planet-planet kecil (planet minor) yang disebut asteroid.

1. Planet dalam adalah planet-planet yang jaraknya lebih dekat dengan Matahari. Semua planet dalam memiliki ukurang yang kecil, tetapi massa jenisnya lebih besar dari pada kelompok planet luar. Planet dalam meliputi Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars.

2. Planet Luar adalah planet-planet yang jaraknya jauh dengan Matahari. Semua planet luar memiliki ukuran yang besar, tetapi massa jenisnya lebih kecil dibandingkan dengan kelompok planet dalam. Planet luar meliputi Yupiter, Saturnus, Urnaus, dan Neputunus.

Delapan buah planet anggota tata surya tersebut secara berurutan adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Satelit adalah benda angkasa yang mengelilingi sebuah planet akibat gaya tarik planet tersebut. Bersama dengan planet yang dikelilinginya, satelit juga mengelilingi Matahari. Satelit tidak memancarkan cahaya sendiri, tetapi memantulkan cahaya yang berasal dari Matahari. Contoh satelit bisa kita lihat yakni Bulan. Bulan merupakan satelit dari Bumi.

Itulah penjelasan mengenai Pengertian Planet, semoga dari penjelasan di atas dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan pembaca sekalian. Mohon maaf jika ada suatu kesalahan. Kami terbuka akan kritik dan saran dari pembaca sekalian. Terima kasih banyak sudah menyempatkan berkunjung dan membaca!

Posting Komentar untuk "Pengertian Planet (Planet Luar & Dalam)"