Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Pengertian dan Contoh Analisis SWOT

Jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai Analisis Pieces, sekarang kita akan membahas Pengertian dan Contoh Analisis SWOT. Analisis SWOT juga sering digunakan untuk menganalisa sebuah masalah, dan jika pada skripsi Analisis SWOT ini terdapat dalam BAB 3. Langsung saja kita ulas Pengertian dan Contoh Analisis SWOT sebagai berikut


Pengertian dan Contoh Analisis SWOT

Pengertian Analisis SWOT

Pertama kita akan membahas apa definisi dari Analisis SWOT. Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weakness, opportunities, dan threats). Akan dibahas lebih detail sebagai berikut :

1.  Kekuatan(Strenghts)

Analisis kekuatan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini.  Yang perlu di lakukan di dalam analisis ini adalah setiap perusahaan atau organisasi perlu menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan di bandingkan dengan para pesaingnya. Misalnya jika kekuatan perusahaan tersebut unggul di dalam teknologinya, maka keunggulan itu dapat di manfaatkan untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat teknologi dan juga kualitas yang lebih maju.

2.  Kelemahan(Weakness)

Analisis kelemahan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Merupakan cara menganalisis kelemahan di dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi yang menjadi kendala yang serius dalam kemajuan suatu perusahaan atau organisasi.

3.  Peluang(Opportunnity)

Analisis peluang, situasi atau kondisi yang merupakan peluang diluar suatu organisasi atau perusahaan dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi dimasa depan. Cara ini adalah untuk mencari peluang ataupun terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan ataupun organisasi bisa berkembang di masa yang akan depan atau masa yang akan datang.

4.  Ancaman(Threats)

Analisis ancaman, cara menganalisis tantangan atau ancaman yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan ataupun organisasi untuk menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan pada suatu perusahaan atau organisasi yang menyebabkan kemunduran. Jika tidak segera di atasi, ancaman tersebut akan menjadi penghalang bagi suatu usaha yang bersangkutan baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang.

Contoh Analisis SWOT

Setelah kita mengetahui apa itu Analisis SWOT, sekarang saya akan mencoba memberikan contoh Analisis SWOT yaitu kekuatan (strengths), kelemahan (weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) pada sebuah Aplikasi Kamus Medis Berbasis Android.

Contoh Analisis SWOT pada Aplikasi Kamus Medis Berbasis Android

1.  Kekuatan(Strenghts)

a. Pengguna smartphone berbasis android lebih banyak daripada OS lain diseluruh dunia

b. Sifat android yang open source memudahkan pengembangan aplikasi ke versi selanjutnya

c. Pengembang aplikasi berbasis android memiliki jumlah lebih banyak dari platform os lain

d. sistem ini bisa diakses tanpa terbubung pada internet (offline)

2.  Kelemahan(Weakness)

a. Tidak semua aplikasi android kompatibel di semua device

b. pengguna aplikasi tidak bisa menambahkan kosa kata, dan edit kosa kata sendiri.

3.  Peluang(Opportunnity)

a. Proses yang mudah untuk mengunggah atau memperoleh aplikasi yang dikembangkan

b. Banyak pengguna android cenderung sering mengunduh aplikasi yang gratis

c. Menciptakan aplikasi yang sebelumya berupa naskah cetak, menjadi bentuk mobile application sehingga lebih efesien.

4.  Ancaman(Threats)

a. Kemungkinan ada developer lain yang mengembangkan aplikasi sejenis dan memiliki fitur atau materi yang lebih mendukung

b. Jika suatu saat muncul versi baru os android, dikhawatirkan akan ada fungsi dalam aplikasi yang tidak berjalan

c. Komentar yang diberikan pengguna di playstore jika buruk dapat mempengaruhi calon pengguna

Demikianlah artikel mengenai Pengertian dan Contoh Analisis SWOT, semoga dengan adanya artikel ini, temen-temen bisa lebih memahami dan memudahkan dalam mengerjakan tugas dan skripsi.

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Contoh Analisis SWOT"