Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Pengertian, Ciri-ciri Berserta Jenis Puisi Baru

Pengertian, Ciri-ciri Berserta Jenis Puisi Baru - Dalam artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang pengertian , ciri dan jenis puisi lama. Kali ini akan saya ulas pula Pengertian,Ciri-ciri Berserta Jenis Puisi Baru yang telah saya rangkum dari berbagai sumber terpercaya. Pada umunya dalam menulis sebuah karya sastra tidak jauh berbeda. Memang harus dengan hati dan penghayatan yang lebih agar karya yang dihasilkan memiliki nilai. Begitu pula dengan menulis puisi baru, tidak jauh berbeda dengan menulis puisi lama, hanya saja yang perlu diperhatikan kembali bahwa puisi baru tidak terikat rima seperti dalam pantun atau syair.



Pengertian, Ciri-ciri Berserta Jenis Puisi Baru

Pengertian Puisi Baru

Kalau di artikel sebelumnya sudah saya kupas tuntas apa itu pengertian puisi lama, sekarang apa kah pengertian dari puisi baru? Puisi baru yaitu pengembangan dari puisi lama atau karya sastra yang muncul setelah puisi lama, yang biasa juga disebut dengan puisi modern, muncul hampir bersamaan dengan puisi kontemporer. Puisi baru juga tidak terikat dengan aturan-aturan seperti pada puisi lama. Puisi baru ini, bentuk nya lebih bebas dibandingkan dengan puisi lama, mulai dari bebas dalam segi jumlah suku kata, jumlah sajak , maupun jumlah baris. Dan pada umumnya nama pengarang puisi baru sudah tercantum. 

Adapun ciri-ciri dari puisi baru yakni akan kita ulas sebagai berikut :

Ciri-Ciri Puisi Baru


1.Puisi Baru mempunyai persajakan yang teratur

2.Sebagian besarnya puisi empat seuntai

3.Tiap baris nya terdapat sebuah gatra (kesatuan sintaksis)

4.Setiap gatra pada umumnya terdiri dari dua kata, namun juga bisa lebih (4-5 suku kata)

5.Sudah diketahui nama pengarangnya

6.Dalam perkembangannya secara lisan dan juga tertulis

7.Menggunakan gaya bahasa (majas) yang berubah-ubah (dinamis)

8.Bentuk puisi baru rapid an simetris

9.Kebanyakan menggunakan pola sajak pantun dan syair, walaupun ada juga pola yang lainnya

Lalu apa saja jenis-jenis puisi baru? Harus diketahui bahwa jenis puisi baru ini sangatlah banyak, tetapi pada umunya dapat dikelompokkan berdasarkan isinya dan juga berdasarkan bentuknya. 

Langsung saja kita ulas jenis-jenis puisi baru sebagai berikut :

Jenis-Jenis Puisi Baru


Jeni-Jenis Puisi Baru berdasarkan isinya, dikelompokkan menjadi 7, yakni :

1.Satire

Satire merupakan salah satu jenis puisi baru yang berisi sebuah sindiran atau kritikan. Kata “ Satire” berasal dari bahasa latin “Satura” yang berarti “Sindiran” terhadap suatu fenomena; dan tidak puasnya suatu golongan (pada pemimpin yang dzalim).

2.Romansa

Romansa merupakan salah satu jenis puisi baru yang berisi tentang luapan perasaan cinta dan kasih sayang. Romansa berasa dari bahasa prancis “romantique” yang berarti keindahan perasaan;persoalan kasih sayang;dan kasih mesra.

3.Ode

Ode merupakan salah satu jenis puisi baru yang berisikan tentang sanjungan terhadap orang yang sangat berjasa. Ciri dari ode yakni bernada anggun, nada dan gaya nya resmi, serta membahasa mengenai sesuatu yang mulia dan bersifat menyanjung.

4.Himne

Himne merupakan salah satu jenis puisi baru yang berisikan tentang pujaan atau pujian untuk Tuhan , tanah air atau pun pahlawan-pahlawan. Ciri dari himne ini yakni lagu pujian untuk menghormati tuhan, seorang raja, pahlawan, tanah air, maupun almamater. Pada saat ini pengertian dari himne menjadi semakin berkembang yakni diartiakn sebagai puisi yang dinyanyiakan, lalu puisi tersebut berisi pujian-pujian yang berhubungan dengan sesuatu yang dihoramti atau ketuhanan.

5.Epigram

Epigram merupakan salah satu jenis puisi baru yang berisikan tentang ajaran atau tuntunan mengenai kehidupan.kata “epigram” ini berasal dari bahasa yunani yaitu epigramma yang berarti unsur pengajaran;basihat yang membawa kearah jalan kebenaran untuk dijadikan pedoman;ada teladan.

6.Elegi

Elegi merupakan salah satu jenis puisi baru yang berisikan tentang sebuah kesedihan atau isak tangis. Elegi ini berisi sajak ataupun lagu yang mengekspresikan rasa duka cita atau keluh kesah karena kesedihan ataupun kerinduan. Kesedihan yang dimaksud disini ialah terutama yang disebabkan karena kematian atau kepergian seseorag yang disayangi.

7.Balada

Balada merupakan salah satu jenis puisi baru yang berisi tentang kisah atau cerita. Balada ini terdiri dari tiga bait yang masing-masing memiliki delapan larik. Balada bersajak a-b-a-b-b-c-c-b, kemudian skema nya berubah menjadi a-b-a-b-b-c-b-c. larik terakhir yang berada pada bait pertama dipakai sebagai referensi dalam bait-bait seterusnya.

Jenis-Jenis Puisi Baru Berdasarkan Bentuknya dikelompokkan menjadi 8, yakni :

1.Soneta

Sonata merupakan salah satu jenis puisi baru  yang terdiri dari empat baris yang terbagi menjadi dua, yakni dua bait pertama masing-masing empat baris dan duat bait kedua masing-masing tiga baris. Kata “sonata” berasal dari bahasa italia yang berarti puisi yang bersuara.

2.Septime

Septime merupakan salah satu jenis puisi baru yang disetiap  bait nya terdiri dari tujuh baris atau biasa disebut puisi tujuh seuntai.

3.Sektet

Sektet merupakan salah satu jenis puisi baru yang disetiap baitnya terdiri dari enam baris atau biasa disebut puisi enam seuntai.

4.Oktaf/Stanza

Oktaf/ Stanza merupakan salah satu jenis puisi baru yang disetiap baitnya terdiri dari delapan baris atau bisa disebut double kuatrain atau puisi delapan seuntai.

5.Kuint

Kuint merupakan salah satu jenis puisi baru yang disetiap baitnya berdiri dari lima baris atau biasa disebut dengan puisi lima seuntai

6.Kuatrain

Kuatrain merupakan salah satu jenis puisi baru yang disetiap baitnya terdiri dari empat baris atau biasa disebut dengan puisi empat seuntai

7.Terzina

Terzina merupakan salah satu jenis puisi baru yang disetiap baitnya terdiri dari tiga baris atau biasa disebut dengan puisi tiga seuntai

8.Distikon

Distikon merupakan salah satu jenis puisi baru yang disetiap baitnya terdiri dari dua baris atau biasa disebut dengan puisi dua seuntai.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Pengertian, Ciri-ciri Berserta Jenis Puisi Baru. Semoga artikel diatas dapat membantu anda dalam memahami pengertian puisi baru, ciri-ciri dan jenis-jenis nya. Dan dapat menambah pengetahuan anda dalam bidang sastra,serta menambah kecintaan kita terhadap sastra Indonesia. Semoga bermanfaat  J

Posting Komentar untuk "Pengertian, Ciri-ciri Berserta Jenis Puisi Baru"