Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Pengangguran: Pengertian & Faktor yang Mempengaruhi

Pengangguran - Semakin hari tingkat pengangguran memang semakin meningkat. Istilah pengangguran ini dikenal dengan tuna karya, yaitu orang yang tidak memiliki pekerjaan sama sekali. Terjadinya pengangguran ini juga dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah karena membludaknya jumlah angkatan kerja. Sehingga ini menjadi faktor seseorang tidak bisa mendapatkan pekerjaan, khususnya dalam bersaing dengan yang lainnya. Pengangguran  ini juga bisa dikatakan pada saat seseorang sedang dalam proses mencari pekerjaan. Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi peningkatan pengangguran.

Pengangguran, Pengertian Pengangguran, Arti Pengangguran, Definisi Pengangguran, Makna Pengangguran, Faktor yang Mempengaruhi Pengangguran, Pendidikan Rendah dan Pengangguran, Keterampilan Minim dan Pengangguran, Lapangan Kerja Sedikit dan Pengangguran.
Pengangguran: Pengertian & Faktor yang Mempengaruhi

1. Pendidikan rendah

Untuk mendapatkan pekerjaan maka tentu akan diperhatikan seberapa tinggi pendidikan yang kita miliki. Terlebih sekarang ini perusahaan-perusahaan besar lebih mengutamakan untuk mendapatkan tenaga kerja yang pendidikannya tinggi, dengan harapan karyawan bisa mengetahui banyak pengetahuan sehingga dapat bekerja dengan cerdas. Jika dulu kebanyakan masih berprinsip kerja keras, tapi sekarang tidak hanya kerja keras tapi juga kerja cerdas.

2. Minimnya keterampilan yang dimiliki

Banyak sekali lulusan-lulusan SMA atau sederajatnya yang tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya, yang kemudian mencari pekerjaan. Akan tetapi lagi-lagi dia tidak bisa mendapatkan pekerjaan lantaran tidak memiliki keterampilan. 

3. Sedikitnya lapangan pekerjaan

Dengan sedikitnya lapangan pekerjaan maka akan semakin sulit pula untuk mendapatkan pekerjaan. Perusahaan akan lebih selektif dalam memilih tenaga kerja. Sehingga persaingan kerja juga meningkat.

Beberapa faktor diatas menjadi hal penting yang harus diperhatikan untuk segera diatasi. Tingkat pengangguran yang tinggi ini juga akan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi suatu negara, karena masyarakat tidak mendapatkan pemerataan pendapatan, kesejahteraan masyarakat pun juga juga rendah. Oleh karena itu untuk mengatasinya masyarakat harus lebih cerdas dalam berpikir. Karena tingkat pengangguran yang tinggi ini bukanlah sepenuhnya tanggung jawab pemerintah, akan tetapi juga semua pihak baik itu pemerintah maupun individu. Tingkat pengangguran yang semakin meningkat ini dapat kita atasi dengan berbekal diri untuk memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi. Demikian ulasan mengenai pengangguran, semoga dapat dijadikan sebagai semangat dalam mencerdaskan diri  agar bisa bersaing dalam dunia kerja.

Sekian penjelasan dari kami, semoga artikel Mata Pelajaran Ekonomi di atas tentang Penganguran bisa bermanfaat dan menjadi sumber belajar online temen-temen semua. Sertakan komen jika dari artikel di atas terdapat beberapa kesalahan. Bagikan ke teman-teman yang lainnya jika dirasa artikel di atas bermanfaat. Terima kasih..

Posting Komentar untuk "Pengangguran: Pengertian & Faktor yang Mempengaruhi"