Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Lahirnya Ilmu Alamiah

Telah disebutkan di depan bahwa manusia mampu memberikan tanggapan terhadap semua rangsangan. Tanggapan terhadap keseluruhan rangsangan atau peristiwa itu merupakan suatu pengalaman. Dengan berjalannya waktu, pengalaman manusia terakumulasi karena manusi memiliki rasa ingin tahu terhadap segala yang ada di dunia ini. 
Pengalaman merupakan salah satu cara terbentuknya pengetahuan. Pengetahuan itu sendiri merupakan kumpulan fakta-fakta. Pengalaman itu terus bertambah selama manusia hidup dan mewarisi pengetahuan kepada generasi penerus. 

Pertambahan pengetahuan didorong oleh dua hal, pertama memenuhi rasa keingintahuan manusia dan memahami hakikat alam semesta. Kedua, memanfaatkan pengetahuan untuk menaikkan taraf hidup. Kedua hal tersebut menunjang kemajuan ilmu pengetahuan. 

Dorongan pertamam menunjang ilmu pengetahuan murni (Pure Science), sedangkan dorongan kedua menuju ilmu pengetahuan terapan (Applied Science).

Ilmu Alamiah merupakan kegiatan manusia yang aktif dan dinamis. Artinya, setiap kegiatan manusia yang tiada hentinya akan menghasilkan konsep dan mendorong dilakukannya percobaan berikutnya dan sterusnya.

Posting Komentar untuk "Lahirnya Ilmu Alamiah"