Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Klasifikasi Masalah Sosial dan Sebab-sebabnya

Masalah sosial dapat diklasifikasikan dalam empat faktor yaitu faktor ekonomis yang meliputi kemiskinan dan pengangguran. Penyakit bersumber dari faktor biologis. Dari factor psikologis timbul persoalan seperti penyakit syaraf,bunuh diri dan disorganisasi jiwa. Sementara itu persoalan yang menyangkut perceraian,kejahatan,kenakalan anak-anak,konflik rasial,dan keagamaan bersumber pada factor kebudayaan.
Klasifikasi yang berbeda mengadakan pengolahan atas dasar kepincangan-kepincangan dalam warisan fisik,warisan biologis,warisan social,dan kebijakan social. Didalam kategori pertama dapat dimasukkan masalah social yang disebabkan adanya pengurangan sumber alm. Kategori kedua mencakup persoalan penduduk,misalnya bertambahnya atau berkurangnya penduduk,pembatasan kelahiran, dan migrasi.

Yang termasuk kategori warisan social yaitu, depresi,pengangguran,hubungan minoritas dan mayoritas,pendidikan,politik,pelaksanaan hokum,agama,dan kesehatan masyarakat. Didalam kebijaksanaan social dapat dimasukkan hal perencanaan ekonomi dan perencanaan social.

Suatu persoalan tertentu tidak selalu bagian dari satu kategori yang tertentu. Suatu perencanaan ekonomis misalnya,menyangkut soal penduduk,sumber alam,dan pendidikan. Masalah perpindahan penduduk yang terlalu cepat misalnya, dapat disebabkan adanya kebijaksanaan social yang baru Karena adanya kemajuan teknologi.

Hubungan antara aspek-aspek tersebut selalu ada karena aspek masyarakat,didalam keadaan yang wajar,merupakan suatu integrasi yang mempunyai hubungan yang saling mempengaruhi.

Posting Komentar untuk "Klasifikasi Masalah Sosial dan Sebab-sebabnya"