Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Contoh Soal Penamaan Senyawa Ionik dari Rumus Kimianya

Contoh Soal Penamaan Senyawa Ionik dari Rumus KimianyaSistem penamaan International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC) untuk senyawa ion (garam) hanya didasarkan hanya pada penamaan ion dalam garam. 

Misalnya , nama IUPAC untuk garam dapur, NaCl, adalah natrium klorida dan K SO kalium sulfat. Hal ini berbeda dengan bagaimana senyawa molekul diberi nama, lihat pelajaran "Penamaan senyawa molekul dari rumus kimianya", dan tidak harus bingung dengan sistem penamaan lainnya. 
Langkah pertama dalam penamaan senyawa ion adalah mengenali dari rumus senyawanya bahwa itu adalah ionik. Hal ini biasanya cukup mudah karena kebanyakan senyawa ionik memiliki logam dalam rumus mereka, elemen pertama, diikuti oleh ion non-logam atau kombinasi dari ion poliatomik. Hal ini penting untuk mengetahui nama-nama ion, menempatkan mereka bersama-sama, ion positif pertama, diikuti oleh ion negatif.

Anda dapat merujuk ke buku Kimia dan Tabel Periodik untuk daftar kation umum atau ion positif, anion atau ion negatif, tapi di sini ada beberapa petunjuk bermanfaat yang akan membantu Anda mengingat beberapa Nama:

Hampir semua kation ion logam monoatomik dengan pengecualian mencatat dua kation poliatomik, NH , ion amonium dan Hg 2 + , merkuri (I) ion . p>

Semua logam Grup 1A dan 2A pada tabel periodik dan beberapa logam lainnya hanya memiliki satu ion. Dalam kasus ini semua yang Anda lakukan adalah memberi nama atom ion berasal dari, misalnya. Li adalah lithium dan Ca 2 + adalah kalsium. 
Beberapa logam membentuk dua atau lebih ion umum, dalam kasus ini Anda nama logam dengan muatan ion sebagai Angka Romawi dalam tanda kurung; 
misalnya. Cu adalah tembaga (I) sedangkan Cu 2 + adalah tembaga (II) dan Mn 2 + adalah mangan (II), sedangkan Mn 3 + adalah mangan (III). 
Tidak ada cara mudah untuk mengetahui yang mana, sehingga sangat membantu untuk mencari tabel kation dan belajar beberapa ion yang lebih umum. 
Anion secara merata dibagi antara ion non-logam monoatomik dan ion poliatomik. Penamaan anion mengambil beberapa pembelajaran. Jika mereka adalah ion monoatomik, atom induk nama mereka akan berubah berakhiran "-ida"; 
misalnya. S 2 - adalah sulfida dan N 3 - yang merupakan nitrida. Hati-hati karena beberapa ion poliatomik juga berakhiran "-ida", seperti OH yang hidroksida dan CN , untuk sianida. p> 
ion poliatomik Kebanyakan memiliki satu atau lebih atom oksigen dalam ion dan diberi nama sesuai dengan berapa banyak atom oksigen yang hadir dan berapa banyak ion poliatomik bentuk atom pusat, 
misalnya S 2 - adalah sulfida sementara SO < font> 2 - adalah sulfit dan SO 2 - adalah sulfat. 
Ion yang berakhiran "-it" memiliki atom oksigen kurang dari yang berakhiran "-at". Hal ini tidak sederhana untuk nama senyawa ion, tetapi membutuhkan latihan bagi Anda untuk membiasakan mereka dan menguasai proses. 

Contoh Soal Penamaan Senyawa Ionik dari Rumus Kimianya

Manakah berikut ini yang merupakan garam ion?
Yang merupakan nama IUPAC untuk ini garam biner sederhana: NaBr?
Yang merupakan nama IUPAC untuk ini garam biner sederhana: CuO?
Yang merupakan nama IUPAC untuk senyawa ionik ini: KNO3?
Yang merupakan nama IUPAC untuk for Li2SO4?
Manakah nama IUPAC untuk K2Cr2O7?
Yang merupakan nama IUPAC untuk NH4OH?
Yang merupakan nama IUPAC untuk (NH4)2SO3?
Yang merupakan nama IUPAC untuk Al3(MnO4)2?
Yang merupakan nama IUPAC untuk (Hg2)3(PO4)2?

1 komentar untuk "Contoh Soal Penamaan Senyawa Ionik dari Rumus Kimianya"