Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Isi Dalam Gelembung Air Mendidih

Perhatikan gambar berikut ini :

    Sumber : Chef"s Blade.com  

Tanda yang biasa kita perhatikan kektika air mendidih adalah adanya gelembung gelembung di dalam air. Gelembung itu terbentuk ketika air dipanaskan sampai mendidih.

Pernahkah kalian bertanya apa yang terdapat dalam gelembung gelembung pada air mendidih tersebut? Apakah gelembung terbentuk pada cairan mendidih lainnya selain air. Mari kita cari tahu.

Berikut adalah komposisi kimia dari gelembung gelembung yang terbentuk dari air yang mendidih. Apakah gelembung yang terbentuk ketika air mendidih berbeda dari yang dibentuk pada cairan lainnya, dan bagaimana cara mendidihkan air tanpa terbentuknya gelembung gelembung tersebut.

Komposisi Gelembung yang terbentuk ketika mendidihkan air

Ketika Anda pertama kali mulai merebus air, gelembung yang Anda lihat pada dasarnya gelembung udara. Secara teknis, ini adalah gelembung terbentuk dari gas-gas terlarut yang keluar dari dalam air, sehingga jika air dalam suasana yang berbeda, gelembung akan terdiri dari gas-gas ini.

Dalam kondisi normal, gelembung pertama sebagian besar nitrogen dengan oksigen dan sedikit argon dan karbon dioksida.

Ketika kalian terus memanaskan air, molekul mendapatkan energi yang cukup untuk transisi dari fase cair ke fase gas. gelembung ini adalah uap air. Ketika Anda melihat air di "mendidih", gelembung sepenuhnya uap air.

Gelembung uap air mulai terbentuk pada situs nukleasi, yang sering muncul gelembung udara kecil, sehingga air mulai mendidih dan menghasilkan gelembung terdiri dari campuran uap air dan udara.

Kedua gelembung udara muncul dan gelembung uap air memperluas karena mereka naik kepermukaan  karena ada sedikit tekanan mendorong mereka. Kalian juga bisa melihat bahwa gelembung gelembung ini akan semakin besar dari waktu kewaktu.

Gelembung jauh lebih besar pada saat mereka mencapai permukaan. Gelembung uap air mulai keluar lebih besar karena suhu semakin tinggi karena semakin banyak molekul air yang berubah dari padat ke gas.  Hampir tampak seolah-olah gelembung berasal dari sumber panas.

Sementara gelembung udara mulai muncul dan membesar, kadang kadang gelembung udara ini juga akan menyusut karena terjadi perubahan  uap air menjadi cair kembali. Ada dua lokasi dimana kalian bisa melihat tempat gelembung udara ini meyusut yaitu di tempat tepat sebelum air nya mendidih dan dipermukaan air.

Pada permukaan air yang sedang mendidih, gelembung ini juga bisa pecah dan akan melepaskan molekul uap air ke udara atau jika temperatur sangat rendah, maka jumlah gelembung udara yang berubah menjadi cair kembali akan semakin banyak.

Suhu di permukkan bisa jadi jauh lebih rendah dibandingkan dibagian dasar karena karena energi panas akan diserap oleh molekul air saat berubah fase dari cair ke gas. Perubahan ini berlangsung di permukaan air yang mendidih.

Jika kamu mebiarkan air yang mendidih itu mendigin dan kemudian mendidihkannya kembali, maka kamu tidak akan bisa melihat gelembung udara terbentuk karena airnya tidak punya kesempatan lebih untuk melarutkan gas gas kedalamnya. Hal ini dapat meninggkatkan resiko keamanan ketika mendidihkan air karena tidak adanya gelembung udara menyebabkan tidak terjadinya pemanasan berlebih dari air.

Salah satu kesalahpahaman orang ketika merebus air adalah gelembung yang dihasilkan mengandung gas hidrogen dan oksigen. Yang sebenarnya terjadi adalah ketika kita mendidihkan air, hanya akan terjadi perubahan fase dari cair ke gas saja sedangkan ikatan kimianya tetap. Oksigen satu satunya yang ada dalam gelembung berasal dari oksigen udara yang terlarut didalam air.

Komposisi Gelembung di  Cairan lain yang mendidih

Jika kalian merebus cairan lain selain air, efek yang sama akan terjadi  terjadi. Gelembung awal akan terdiri dari setiap gas terlarut. Karena suhu semakin dekat ke titik didih cairan, gelembung akan menjadi fase uap dari zat.

Nah kalian sudah tahu apa yang terdapat dalam gelembung gelembung gas yang terbentuk ketika kita mendidihkan air. Semoga postingan ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian. Ingat!! Asah terus rasa ingin tahu kalian, karen semua akan ada jawabannya.
Sumber : chemistry.about.com
Pengirim: Ririn Nababan

Posting Komentar untuk "Isi Dalam Gelembung Air Mendidih"