Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Unsur Unsur Kebudayaan

Unsur-unsur Kebudayaan


Keseluruhan dari tindakan manusia yang berpola itu berkisar sekitar pranata-pranata tertentu yang amat banyak jumlahnya; dengan demikian sebenarnya suatu masyarakat yang luas selalu dapat kita perinci ke dalam pranata-pranata yang khusus. Sejajar dengan itu suatu kebudayaan yang luas itu selalu dapat pula kita perinci ke dalam unsur-unsurnya yang khusus.

Para sarjana antropologi yang biasa menanggapi suatu kebudayaan (misalnya kebudayaan minangkabau, Bali, atau Jepang) sebagai suatu keseluruhan yang terintergrasi, pada waktu analisa membagi keseluruhan itu ke dalam unsur-unsur besar yang disebut “unsur-unsur kebudayaan universal” atau cultural universals. Istilah universal itu menunjukkan bahwa unsur-unsur tadi bersifat universal, jadi unsur-unsur tadi ada dan bisa didapatkan di dalam semua kebudayaan dari semua bangsa di manapun di dunia. Mengenai apa yang disebut cultural universals itu, ada beberapa pandangan yang berbeda di antara para sarjana antropologi. Berbagai pandangan yang berbeda itu serta alasan perbedaannya diuraikan oleh C. Kluckhohn dalam sebuah karangan berjudul Universal Categories of Cultures (1953). Dengan mengambil sari dari berbagai kerangka tentang unsur-unsur kebudayaan universal yang disusun oleh beberapa sarjana antropologi itu, maka saya berpendapat bahwa ada tujuh unsur kebudayaan yang dapat ditemukan pada semua bangsa di dunia. Ketujuh unsur yang dapat kita sebut sebagai isi pokok dari tiap kebudayaan di dunia itu adalah :
  • Bahasa
  • Sistem Pengetahuan
  • Organisasi Sosial
  • Sistem Peralatan hidup dan teknologi
  • Sistem mata pencaharian hidup
  • Sistem religi
  • Kesenian
Fokus Kebudayaan.Banyak kebudayaan mempunyai suatu unsur kebudayaan atau beberapa pranata tertentu yang merupakan suatu unsur pusat dalam kebudayaan, sehingga digemari oleh sebagian besar dari warga masyarakat, dan dengan demikian mendominasi banyak aktivitas atau pranata lain dalam kehidupan masyarakat. Contoh dari unsur-unsur kebudayaan yang dominan seperti itu adalah misalnya kesenian dalam masyarakat orang Bali, gerakan kebatinan dan mistik dalam kebudayaan golongan pegawai negeri, atau priyayi di Jawa Tengah, peperangan antara federasi-federasi kelompok-kelompok kekerabatan dalam masyarakat suku bangsa Dani di Lembah Besar Baliem di Pegunungan Jayawijaya di Irian Jaya, atau kula dalam masyarakat penduduk Trobriand.

Etos kebudayaan.Suatu kebudayaan sering memancarkan keluar suatu watak khas tertentu yang tampak dari luar artinya yang kelihatan orang asing. Watak khas itu, yang dalam ilmu antropologi disebut ethos, sering tampak pada gaya tingkah laku warga masyarakatnya, kegemaran-kegemaran mereka, dan berbagai benda budaya hasil karya mereka. Berdasarkan konsep itu, maka seorang Batak misalnya, yang mengamati kebudayaan Jawa, sebagai orang asing yang tidak mengenal kebudayaan jawa dari dalam, dapat mengatakan bahwa watak khas kebudayaan jawa memancarkan keselarasan, kesuraman, ketenangan berlebih-lebihan, sehingga sering menjadi kelamban-an; kegemaran akan tingkah laku yang mendetail ke dalam, atau njelimet, dan kegemaran akan karya dan gagasan-gagasan yang berbelit-belit. Kemudian gambaran orang batak mengenai watak kebudayaan jawa tadi biasanya akan diilustrasikan dengan bahasa jawa yang terpecah ke dalam tingkat-tingkat bahasa yang sangat rumit dan mendetail, dengan sopan santun dan gaya tingkah laku yang menganggap pantang berbicara dan tertawa keras-keras, gerak-gerik yang ribut dan agresif, tetapi menilai tinggi tingkah laku yang tenang tak-tergoyahkan, dengan kegemaran orang Jawa akan warna-warna yang gelap dan tua, akan seni suara gamelan yang tidak keras, akan benda-benda kesenian dan kerajinan dengan hiasan-hiasan yang sangat mendetail dengan bentuk-bentuk berliku-liku yang makin kedalam menjadi kecil, dan sebagainya.

Pikiran Kolektif. Sudah sejak akhir abad ke-19 ada seorang ahli sosiologi dan antropologi Perancis, bernama E.Durkheim, yang mengembangkan konsep representations collectives atau pikiran-pikiran kolektif dalam sebuah karangan berjudul : Representations individuelles et Representations Collectives. (1898)

Cara Durkheim menguraikan konsep itu pada dasarnya tidak berbeda dengan cara ilmu psikologi menguraikan konsep berpikir. Ia juga beranggapan bahwa aktivitas-aktivitas dan proses-proses rohaniah seperti : penangkapan pengalaman, rasa, sensasi, kemauan, keinginan, dan lain-lain itu, terjadi dalam organisme fisik dari manusia dan khususnya berpangkal di otak sistem syarafnya. Akal manusia mempunyai kemampuan untuk menghubungkan proses-proses sekunder, menjadi bayangan-bayangan dan jumlah dari semua bayangan mengenai suatu hal yang khas, menjadi gagasan. Suatu gagasan serupa itu oleh Durkheim disebut representation, dan oleh karena gagasan berada dalam alam pikiran seorang individu, maka disebutnya representation individuelle.

Gagasan-gagasan seperti itu bisa juga dimiliki oleh lebih dari suatu individu, malahan kemudian oleh sebagian besar dari warga suatu masyarakat. Dalam hal itu kita sering bicara tentang “gagasan umum” atau “gagasan masyarakat”, sedangkan Durkheim bicara tentang “gagasan kolektif” atau representation collective. Kecuali itu Durkheim berpendapat bahwa suatu gagasan yang sudah dimiliki oleh sebagian besar warga masyarakat bukan lagi berupa satu gagasan tunggal mengenai suatu7 hal yang khas, melainkan biasanya sudah berkaitan dengan gagasan lain yang sejenis menjadi suatu kompleks gagasan-gagasan, sehingga ia selalu mempergunakan istilah representations cpllectives dalam bentuk jamak. Untuk membedakan antara adanya satu gagasan tunggal dengan adanya satu kompleks dari berbagai gagasan yang dimiliki oleh sebagian besar dari warga masyarakat, agar jelas sebaiknya kita pakai istilah khusus untuk menerjemahkan isitlah durkheim yang bentuk jamak, yaitu isitlah “pikiran kolektif”, sebab isitilah “pikiran” memang lebih luas sifatnya dari istilah ‘gagasan”.

Posting Komentar untuk " Unsur Unsur Kebudayaan"