Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Ruang Lingkup Ilmu Geografi (Fisik, Sosial, Regional)

Berdasarkan pengertian geografi seperti telah dikemukakan di artikel sebelumnya, maka ada dua aspek utama yang dipelajari dalam geografi, yakni aspek linkungan fisik dan aspek lingkungan sosial.

Geografi, Ruang Lingkup Geografi, Geografi Fisik, Geografi Sosial, Geografi Regional, Aspek Lingkungan Fisik, Aspek Lingkungan Sosial.
Ruang Lingkup Ilmu Geografi (Fisik, Sosial, Regional)
Aspek lingkungan fisik menyangkut keadaan lingkungan alam di luar manusia, seperti bentuk muka bumi, ptoensi muka bumi, perairan, keadaan udara, dunia tumbuhan dan hewan. Aspek lingkungan sosial mencakup permasalahan yang berhubungan dengan aktivitas manusia sebagai makhluk sosial, yang tercermin dari budayanya. Kedua aspek tersebut dinamakan geosfer sebagai objek kajian geografi.

Geosfer terdiri dari berbagai bagian, yakni atmosfer, litosfer, hidrosfer, biosfer, dan antroposfer. Sepintas, masing-masing bagian geosfer atau sfera tersebut saling terpisah. Namun, bila diperhatikan leibh seksama ternyata lapisan-lapisan tersebut saling terkait, saling berinteraksi, dna membnetuk suatu sistem.

Karekteristik dan sifat setiap bagian berbeda-beda. Litosfer umumnya bersifat relatif statis, artinya pada waktu tertentu menjadi sangat dinamis, misalnya saat terjadi gempa bumi atau letusan gunung api. Atmosfer, hidrosfer, dan biosfer umumnya bersifat dinamis, artinya setiap saat lapisan-lapisan tersebut dapat mengalami perubahan-perubahan.

Namun, ada juga yang berpendapat bahwa ruang lingkup geografi tidak hanya mencakup aspek fisik dan sosial saja, melainkan juga mencakup aspek regional. Sehingga ada tiga ruang lingkup geografi; geografi fisik, geografi sosial, dan geografi regional.

Geografi fisik mempelajari gejala-gejala alam di permukaan bumi yang meliputi atmosfer, litosfer, hidrosfer, dan biosfer. Gejala-gejala alam tersebut berkaitan dengan bentuk, relief, iklim, dan segala sesuatu tentang bumi, serta tentang proses-proses fisik yang terjai di darat, laut, dan udara yang berpengaruh pada kelangsungan hidup manusia.

Geografi sosial mempelajari segala aktivitas kehidupan manusia di bumi dan interaksinya dengan lingkungan, baik dalam lingkungan sosial, ekonomi, maupun budaya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa geografi sosial (geografi manusia) mempelajari dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan dan dampak lingkungan terhadap manusia.

Geografi regional mempelajari topik atau bahasan khususnya yang mencakup suatu daerah atau wilayah.

Itulah penjelasan mengenai Ruang Lingkup Ilmu Geografi, semoga dari penjelasan di atas dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan pembaca sekalian. Mohon maaf jika ada suatu kesalahan. Kami terbuka akan kritik dan saran dari pembaca sekalian. Terima kasih banyak sudah menyempatkan berkunjung dan membaca!

Posting Komentar untuk "Ruang Lingkup Ilmu Geografi (Fisik, Sosial, Regional)"