Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Pengertian Minat secara Etimologi dan Menurut Ahli

Pengertian Minat

Apabila seseorang menaruh perhatian terhadap sesuatu, maka minat akan menjadi motif yang kuat untuk berhubungan secara lebih aktif dengan sesuatu yang menarik minatnya. Minat akan semakin bertambah jika disalurkan dalam suatu kegiatan. Keterikatan dengan kegiatan tersebut akan semakin menumbuhkan kebangkan minat.

Pengertian minat menurut bahasa (Etimologi), ialah usaha dan kemampuan untuk mempelajari (learning) dan mencari sesuatu. Secara (Terminologi), minat adalah keinginan, kesukaan, dan kemauan terhadap sesuatu hal.

Menurut Andi Maprare dam Slameto (1988: 62) “Minat adalah suatu perangkat mental yang terdiri dari suatu campuran dari perasaan, harapan, pendirian, prasangka, rasa takut ataukecendrungan lain yang mengarahkan individu kepada suatu pikiran tertentu”.

Minat adalah gejala psikologis yang menunjukkan bawa minat adanya pengertian subyek terhadap obyek yang menjadi sasaran karena obyek tersebut menarik perhatian dan menimbulkan perasaan senang sehingga cenderung kepada obyek tersebut.

Menurut Shaleh (2004: 262) “Minat adalah suatu kecenderungan untuk memberikan perhatian dan bertindak terhadap orang, aktifitas atau situasi yang menjadi objek dari minat tersebut dengan disertai perasaan senang”.

Minat itu sebagai pemusatan perhatian atau reaksi terhadap suatu obyek seperti benda tertentu atau situasi tertentu yang didahului oleh perasaan senang terhadap obyek tersebut.

Dari pengertian di atas bahwa yang dimaksud minat adalah suatu proses pengembangan dalam mencapurkan seluruh kemampuan yang ada untuk mengarahkan individu kepada suatu pikiran tertentu.

Posting Komentar untuk " Pengertian Minat secara Etimologi dan Menurut Ahli"