Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Pengertian Kewirausahaan dan Wirausaha, Tujuan Wirausaha dan Ciri-cirinya

Pengertian Kewirausahaan dan Wirausaha, Tujuan Kewirausahaan dan Ciri-cirinya – dalam artikel kali ini saya akan membahas mengenai Pengertian kewirausahaan dan wirausaha, tujuan nya serta ciri-cirinya. Langsung saja kita bahas satu persatu sebagai berikut :




Pengertian kewirausahaan dan wirausaha, Tujuan wirausaha dan Ciri-cirinya

Pengertian Kewirausahaan 

Kewirausahaan bermula dari kata wirausaha, ditambahkan awalah ke dan akhiran an. Wirausaha terdiri dari kata wira yang mempunyai arti perwira atau pahlawan, sedangkan usaha mempunyai arti daya atau upaya. Kewirausahaan adalah kemampuan lebih dari seseorang pimpinan atau manager dalam memaksimalkan sumber daya yang tersedia, baik berupa materil, intelektual, waktu serta kemampuan kreatifitasnya sehingga menghasilkan suatu produk usaha yang bermanfaat untuk dirinya dan oranglain.

Adapun pengertian kewirausahaan menurut pendapat beberapa ahli ialah sebagai berikut :

1.  Peter F.Drucker

Peter F.Drucker menjelaskanb bahwa kewirausahaan yaitu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.

2.  Salim Siagian

Salim Siagian menjelaskan bahwa kewirausahaan yaitu semangat, prilaku dan kemampuan memberikan respon positif kepada peluang untuk mendapatkan keuntungan bagi diri sendiri dan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan/masyarakat, serta menciptakan dan menyediakan produk yang lebih bermanfaat dengan menerapkan cara kerja yang lebih efesien dan efektif, melalui keberanian mengambil resiko, kreatifitas, inovasi dan kemampuan manajemen.

3. Robert D.Hisrich

Robert D.Hisrich menjelaskan bahwa kewirausahaan adalah proses kreatif untuk menciptakan sesuatu yang bernilai lebih tinggi dengan mengoptimalkan segala daya upaya, seperti  mencurahkan waktu, dana, psikologis, dan penerimaan penghargaan atas kepuasan seseorang.

4.  Stephen Robins

Stephen Robins menjelaskan bahwa kewirausahaan merupakan proses mengejar berbagai peluang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui inovasi.

5.  Zimmerer

Zimmerer menjelaskan bahwa kewirausahaan yaitu proses penerapan kreativitas & emosi dalam memecahkan suatu pemasalahan atau persoalan dan menemukan suatu peluang untuk memperbaiki kehidupan.

6.  Savary

Savary menjelaskan bahwa kewirausahaan merupakan Entrepreneur, seperti yang terdapat dalam bukunya yang berjudul "kamus dagang", definisi dari entrepreneur adalah orang yang membeli suatu barang dengan harga pasti meskipun orang itu beum mengetahui berapa guna ekonomisnya akan dijual.

7.  A. Pekerti

A. Pekerti menjelaskan bahwa kewirausahaan yaitu kemampuan seseorang dalam mendirikan, mengatur, mengembangkan dan melembagakan perusahaan yang dimilikinya.

8.  Robin

Robin menjelaskan bahwa kewirausahaan merupakan suatu proses yang dilalui oleh seseorang yang bertujuan untuk mengejar peluang/kesempatan yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup melalui suatu inovasi, tanpa memperhatikan sumber daya yang mereka atur.

Pengertian Wirausaha

Pengertian Wirausaha – diatas kita sudah menjelaskan pengertian dari kewirausahan, kali ini akan dijabarkan pula mengenai pengertian wirausaha. Wirausaha ialah seseorang yang berani yang mempunyai tekad secara mandiri atau perseorangan dengan mengerahkan semua sumber daya dan upaya yang dimiliki. Upaya yang meliputi kepandaian mengenali produk baru, menentukan proses produksi baru, meyusun operasional untuk pengadaan produk, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya agar menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih.

Adapun pengertian Wirausaha menurut pendapat beberapa ahli ialah sebagai berikut :

1.  Mas’ud Machfoedz dan Mahmud Machfoedz (2004)

Mas’ud Machfoedz dan Mahmud Machfoedz  berpendapat bahwa wirausaha ialah seorang inovator yang mampu mengubah kesempatan menjadi sebuah ide yang bisa di jual, dapat memberikan nilai tambah melalui upaya, waktu, biaya, serta kecakapan dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

2.  Dan Stein dan Jhon F.Burgess (1993)

Dan Stein dan Jhon F.Burgess  berpendapat bahwa wirausaha ialah orang yang mengelola, mengorganisasikan, dan berani menanggung segala resiko untuk menciptakan peluang usaha dan usaha baru.

3.  Richard Cantillon (1755)

Richard Cantillon berpendapat bahwa wirausaha ialah seorang penemu dan individu yang membangun sesuatu yang unik dan baru.

4.  J.B Say (1803)

J.B Say berpendapat bahwa wirausaha merupakan pengusaha yang mampu mengelola sumber-sumber daya yang dimiliki secara ekonomis (efektif dan efisien) dan tingkat produktivitas yang rendah menjadi tinggi.

5.  Schumpeter (dalam Bygrave, 1996)

Schumpeter berpendapat bahwa wirausaha ialah seorang yang memperoleh peluang  dan menciptakan organisasi untuk mengejar peluang tersebut.

Tujuan- tujuan Wirausaha

Tujuan Wirausaha – tidak sedikit orang yang memiliki kemampuan berwirausaha. Sudah sejak dulu wirausaha terjadi di setiap daerah di Indonesia. Contohnya berjualan sayur, jual sembako itu termasuk salah satu usaha. Adapun tujuan dari seseorang wirausaha yang sebenarnya ialah sebagai berikut :

1.  Ikut serta dalam mewujudkan kemampuan para wirausaha untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat dan Negaranya.

2. Mengembangkan dalam bentuk inovasi dan kreasi agar tercipta dinamika dalam kewirausahaan atau dunia bisnis sehingga kemakmuran dapat tercapai.

3.  Berusaha dan bertekad dalam meningkatkan jumlah para wirausaha yang baik dengan kata lain ikut serta dalam mengader manusia manusia calon wirausaha untuk membangun jaringan bisnis yang lebih baik.

4.  Menyebarluaskan dan membuat budaya ciri ciri kewirausahaan disekitarnya terutama dalam masyarakat.

5.  Ikut serta dalam menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran serta orientasi kewirausahaan yang kokoh.

Ciri-Ciri Wirausaha

Ada point-point tertentu seseorang disebut sudah berwirausaha, untuk lebih detailnya mengenai ciri-ciri wirausaha ialah sebaga berikut :

1.  Berani Mengambil Risiko

2.  Memiliki Semangat dan Kemauan Keras

3.  Memiliki Keberanian Mempunyai Daya Kreasi

4.  Tidak Konsumtif

5.  Memiliki Analisis yang Tepat

6.  Berorientasi pada Masa Depan

7.  Memiliki Jiwa Pemimpin

8.  Yakin Terhadap Produk yang dimiliki

9.  Menciptakan Transaksi

10.  Mengenal Sangat Banyak Produknya

11.  Bersifat Santun Jujur dan Berani

12.  Tidak Berdebat dengan Calon Pelanggan

13.  Komunikatif dan Negosiasi Ramah dalam Pelayanan

Demikian artikel mengenai Pengertian kewirausahaan dan wirausaha, Tujuan wirausaha dan Ciri-cirinya, sudah dijelaskan secara mendetail diatas. Semoga bermanfaat dan menjadi wawasan bagi anda yang membacanya.

Posting Komentar untuk "Pengertian Kewirausahaan dan Wirausaha, Tujuan Wirausaha dan Ciri-cirinya"