Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Pengertian Geografi Secara Umum dan Menurut Ahli

Pengertian Geografi - Saat kita mendengarkan tentang kata geografi, terlintaslah di pikiran kita bahwa geografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang bumi, negara di dunia, tempat-tempat di dunia, cara membuat peta maupun cara untuk menyajikan data. Anda yang mendengarkan kata geografi, pasti nya ada dari pengertian tersebut yang terpintas di pikiran anda. Namun, apakah sebenarnya Pengertian Geografi? Dalam geografi kita dapat mempelajari segala sesuatu yang muncul di permukaan bumi, baik bentuk kenampakan, kehidupan di permukaan bumi dengan segala gejala-gejalanya ataupun faktor-faktor yang dapat mempengaruhinya, seperti benda-benda luar angkasa, keadaan dan benda-benda yang ada di dalam bumi maupun di permukaan bumi. 

pengertian geografi, pengertian geografi menurut para ahli, pengertian geografi menurut ahli, pengertian geografi secara umum, pengertian geografi secara etimologi, pengertian geografi adalah, pengertian geografi berdasarkan istilah, pengertian geografi beberapa ahli, pengertian geografi berbagai ahli.
Pengertian Geografi Secara Umum dan Menurut Ahli
Kata geografi sebenarnya diambil dari kata bahasa Inggris 'geography'  yaitu turunan dari bahasa Yunani 'geo' yang artinya bumi dan 'graphien' yang artinya penjelasan atau tulisan. Ke dua kata tersebut lalu terbentuk menjadi 'geography' yang dapat di artikan dengan istilah sebagai ilmu bumi ataupun ilmu yang mempelajari tentang bumi. Konsep geografi sudah ada sejak zaman dulu. Bangsa Yunani Kuno sudah berusaha untuk mendokumentasikan berbagai macam keterangan terkait dengan geografi. Geograf pertama di masa itu yaitu Thales (640-546 SM). Ia sudah menyibukkan diri dengan berbagai macam penelitan serta menggali informasi geografi dengan melakukan suatu perjalanan di berbagai tempat.

Langkah Thales mulai diikuti oleh geograf Yunani yang lainnya. Seperti Herodotus (485-425 SM) membuat geografi di sekitar wilayah timur tengah, Phytheas mengukur jarak matahari menuju ke bumi serta yang paling fenomenal merupakan Eratosthenes (276-194 SM) yang dapat menghitung keliling bumi dengan hanya berselisih 1% dari keliling yang sebenarnya. Sedangkan, berikut dibawah ini merupakan konsep Pengertian Geografi dari beberapa ahli geografi: Menurut Alexander von Humboldt manyatakan bahwa gegorafi adalah studi tentang pengaruh lingkungan alam terhadap manusia. Menurut Harstone: Geografi merupakan sebuah ilmu yg menampilkan relitas deferensiasi muka bumi seperti apa adanya,tidak hanya dalam arti perbedaan – perbedaan dalam hal tertentu, tetapi juga dalam arti kombinasi keseluruhan fenomena di setiap tempat, yang berbeda dari keadaanya di tempat lain. Demikianlah penjelasan singkat tentang Pengertian Geografi.

Sekian penjelasan dari kami, semoga artikel Geografi di atas tentang Pengertian Geografi, Baca juga Pengertian, Manfaat dan Cara Kerja Penginderaan Jauh

*Referensi
http://www.zonasiswa.com/2014/05/pengertian-geografi-lengkap-pendapat.html

Posting Komentar untuk "Pengertian Geografi Secara Umum dan Menurut Ahli"