Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Pengertian Demokrasi dan Nilai Nilai Demokrasi

Pengertian Demokrasi

Sudut bahasa (etimologis), demokrasi berasal dari bahasa yunani yaitu demosyang berarti rakyat dan cratos atau cretain yang berarti pemerintahan atau kekuasaan. Jadi secara bahasa, demos-crateinatau demos-cratos berarti pemerintahan pemerintahan rakyat atau kekuasaan rakyat. Konsep demokrasi menjadi sebuah kata kunci tersendiri dalam bidang ilmu politik. Hal ini menjadi wajar, sebab demokrasi saat ini disebut-sebut sebagai indikator perkembangan politik suatu negara. Demokrasi menempati posisi vital dalam kaitannya pembagian kekuasaan dalam suatu negara dengan kekuasaan negara yang diperoleh dari rakyat juga harus digunakan untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

Winarno (2008: 91) banyak sekali definisi demokrasi yang dikemukakan oleh beberapa ahli politik. Masing-masing memberikan definisi dari sudut pandang yang berbeda.

a. Menurut Harris Soche
Demokrasi adalah bentuk pemerintahan rakyat, karena itu kekuasaan pemerintahan itu melekat pada diri rakyat, diri orang, banyak dan merupakan hak bagi rakyat atau orang banyak untuk mengatur, mempertahankan, dan melindungi dirinya dari paksaan dan pemerkosaan orang lain atau bahan yang diserahi untuk memerintah

b. Menurut Hennry B. Mayo
Sistem politik demokratis adalah sistem yang menunjukkan bahwa kebijakasanaan umum ditentukan atas dasar mayoritas oleh wakil-wakil yang diawasi secara efektif oleh rakyat dalam pemilihan-pemilihan berkala yang didasarakan atas prinsip kesamaan politik diselenggarakan dalam suasana terjaminnya kebebasan politik

c. Menurut International Commission for Jurist
Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan di mana hak untuk membuat keputusan-keputusan politik diselenggarakan oleh warga negara melalui wakil-wakil yang dipilih oleh mereka dan yang bertanggung jawab kepada mereka melalui suatu proses pemilihan yang bebas

d. Menurut C.F Strong
Suatu sistem pemerintah dalam mana mayoritas anggota dewasa dari masyarakat politik ikut ikut serta atas dasar sistem perwakilan yang menjamin bahwa pemerintah akhirnya mempertanggungjawabkan tindakan-tindakan kepada mayoritas itu.

e. Menurut Samuel Huntington
Sistem politik sebagai demokratis sejauh para pembuatan keputusan kolektif yang paling kuat dalam sistem itu dipilih melalui pemilihan umum yang adil, jujur dan berkala dan didalam sistem itu para calon bebas bersaing untuk memperoleh suara dan hampir semua penduduk dewasa berhak memberi saran.

Berdasarkan beberapa pendapat para ahli di atas maka dapat disimpulkan bahwaa demokrasi adalah pemerintah dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat (government of the people, by the people, and af the people).

Dilihat dari perkembangan baru menunjukkan bahwa demokrasi tidak hanya dipahami sebagai bentuk pemerintahan dan sistem politik, tetapi demokrasi dipahami sebagai sikap hidup atau pandangan hidup demokratis. Pemerintahan atau sistem politik demokrasi tidak datang, tumbuh dan berkembang dengan sendirinya. Demokrasi membutuhkan usaha nyata dari setiap warga maupun penyelenggara negara untuk berperilaku sedemikian rupa sehingga mendukung pemerintahan atau sistem politik demokrasi. Perilaku demokrasi terkait dengan nilai-nilai demokrasi. Perilaku yang senantiasa bersandar pada nilai-nilai demokrasi dan membentuk budaya atau kultur demokrasi karena perilaku demokrasi ada dalam manusia itu sendiri, baik selaku warga negara maupun pejabat negara. Dalam pengertian demokrasi maka disini dapat juga dijelaskan adanya prinsip utama dalam demokrasi menurut Rojak (2008: 43) yaitu:

1. Kebebasan atau persamaan, yang merupakan fondasi demokrasi. Kebebasan dianggap sebagai sarana mencapai kemajuan dengan memberikan hasil maksimal dari usaha orang tanpa adanya pembatasan dari penguasa. Jadi, bagian tak terpisahkan dari ide kebebasan adalah pembatasan kekuasaan penguasa politik. Sedangkan persamaan meupakan sarana penting untuk kemajuan setiap orang. Dengan prinsip persamaan, setiap orang dianggap sama, tanpa dibeda-bedakan dan memperoleh akses dan kesempatan sama untuk mengembangkan diri sesuai dengan potensinya. Demokrasi berasumsi bahwa semua orang derajat dan hak-haknya sehingga harus diperlakukan sama pula dalam pemerintahannya.

2. Kedaulatan rakyat, pada hakikatnya kebijakan yang di buat adalah kehendak rakyat dan untuk kepentingan rakyat.

Demokrasi juga mempunyai aturan-aturan di dalamnya, karena demokrasi mempunyai nilai-nilai yang harus di terapkan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam keluarga, sekolah, masyarakat, dan negara.

Winarno (2001: 98) menyebutkan adanya kultur atau nilai demokrasi antara lain :
1) Toleransi
2) Kebebasan mengemukakan pendapat
3) Menghormati perbedaan pendapat
4) Memahami keanekagaman dalam masyarakat
5) Terbuka dan komunikasi
6) Menjunjung nilai dan martabat kemanusiaan
7) Percaya dari
8) Tidak menggantungkan pada orang lain
9) Saling menghargai
10) Mampu mengekang diri
11) Kebersamaan
12) Keseimbangan

Nilai-nilai demokrasi tersebut rakyat Indonesia harus mampu menerapkan nilai-nilai demokrasi yang berlaku di indonesia. Dari penjelasan ini demokrasi juga mempunyai prinsip-prinsip yang harus ada dalam sistem demokrasi. Prinsisp tersebut dapat dilihat dalam sudut pandang Dahl (2008: 49), yaitu:

1. kontrol atas keputusan pemerintah
2. pemilihan umum yang jujur
3. hak memilih dan di pilih
4. kebebasan menyatakan pendapat tanpa ancaman
5. kebebasan mengakses informasi
6. dan kebebasan berserikat

Prinsip-prinsip demokrasi tersebut masyarakat harus mengetahui bahwa negara indonesia mempunyai prinsip-prinsip demokrasi yang harus masyarakat miliki dalam hidup berdemokrasi.

Pengertian demokrasi di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Dapat dijelaskan bahwa pemerinthan dari rakyat berarti, pemerintahan negara itu dapat mandat dari rakyat untuk menyelenggarakan pemerintahan. Rakyat adalah pemegang kedaulatan atau kekuasaaan tersendiri dalam negara demokrasi. sedangkan pemerintahan oleh rakyat berarti, pemerintahan negara itu dijalankan oleh rakyat. Meskipun dalam praktik menjalankan pemyelenggaraan bernegera itu pemerintah, tetapi orang-orang itu pada hakikatnya yang telah dipilih dan mendapat mandat dari rakyat. Selain itu pemerinthan oleh rakyat berarti, pemerintahan negara itu di awasi oleh rakyat. Sedangkan perintahan untuk rakyat berarti pemerintahan itu menghasilkan dan menjalankan kebijakan-kebijakan dan diarahkan untuk kepentingan dam kesejahteraan rakyat.

Posting Komentar untuk "Pengertian Demokrasi dan Nilai Nilai Demokrasi"