Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Pendekatan Ilmu Geografi (Keruangan, Lingkungan, & Kompleks Wilayah)

Geografi adalah salah satu mata pelajaran wajib di sekolah pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Geografi merupakan mata pelajaran dengan cakupan paling luas. Di dalam pengkajian geografi secara terintegrasi, terdapat tiga pendekatan utama dalam kajian ilmu geografi, yaitu sebagai berikut.

Geografi, Belajar Geografi, Pendekatan Ilmu Geografi, Pendekatan Geografi, Pendekatan Geografi Spasial, Pendekatan Geografi Keruangan, Pendekatan Geografi Lingkungan, Pendekatan Geografi Ekologi, Pendekatan Geografi Regional, Pendekatan Geografi Kompleks Wilayah.
Pendekatan Ilmu Geografi (Keruangan, Lingkungan, & Kompleks Wilayah)

1. Pendekatan Spasial (Keruangan)


Analisis keruangan merupakan pendekatan yang khas dalam geografi karena merupakan studi tentang keragaman ruang muka Bumi dengan menelaah masing-masing aspek-aspek keruangannya. Aspek-aspek ruang muka Bumi meliputi faktor lokasi, kondisi alam dan kondisi sosial budaya masyarakatnya. Dalam mengkaji aspek-aspek tersebut, seroang ahli geografi sangat memperhatikan faktor letak, distribusi (persebaran), interrelasi, serta interaskinya. Salah satu contoh pendekatan keruangan adalah sebagai berikut.
  • Sebidang tanah harganya mahal karena tanahnya subur.
  • Sebidang tanah harganya mahal karena letaknya di pinggir jalan.

Pada contoh tersebut, yang pertama adalah menilai tanah berdasarkan produktifitas pertanian, sedangkan yang kedua menilai tanah berdasarkan nilai urangnya yaitu letakny yang strategis.

2. Pendekatan Ekologi (Lingkungan)

Pendekatan lingkungan didasarkan pada salah satu prinsip dalam disiplin ilmu biologi, yaitu interrelasi yang menonjol antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Di dalam analisis lingkungan, geografi menelaah gejala interaksi dan interrelasi antar komponen fiskal (alamiah) dengan nonfisik (sosial).

Pendekatan ekologi melakukan analisis dengan melihat perubaah komponen biotik dan abiotik dalam kesimbangan ekosistem suatu wilayah. Misalnya, suatu padang rumput yang ditinggalkan oleh kawanan hewan pemakan rumput akan menyebabkan terjadnya perubahan lahan dan kompetisi penghuninya.

3. Pendekatan Regional (Kompleks Wilayah)

Analisis kompleks wilayah membandingkan berbagai kawasan di muka Bumi dengan memperhatikan aspek-aspek keruangan dan lingkungan dari masing-masing wilayah secara komperhensif. Contohnya, wilayah kutub terntu sangat berbeda karakteristik wilayahnya dengan wilayah khatulistiwa.

Itulah penjelasan mengenai Pendekatan Ilmu Geografi, semoga dari penjelasan di atas dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan pembaca sekalian. Mohon maaf jika ada suatu kesalahan. Kami terbuka akan kritik dan saran dari pembaca sekalian. Terima kasih banyak sudah menyempatkan berkunjung dan membaca!

Posting Komentar untuk "Pendekatan Ilmu Geografi (Keruangan, Lingkungan, & Kompleks Wilayah)"