Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Nama Bintang Terbesar di Alam Semesta: UY Scuti

Bintang Terbesar ~ Melihat ke atas langit dan melihat bintang-bintang di malam hari membuat kita ingin tahu sebara luas alam semesta ini. Sangat mudah untuk merasa kecil di bawah langit di malam berbintang, tapi untuk mulai memahami betapa kecilnya kita sebenarnya, kita harus tahu ukuran relatif kita dibandingkan dengan benda langit yang lebih besar di Galaxy. Untuk mencari tahu, mari bandingkan bintang di tata surya kita, Matahri dan UY Scuti. UY Scuti merupakan bintang variabel supergiant merah terang yang berada di dalam konstelasi Scutum dan saat ini dipercaya sebagai bintang terbesar di galaksi Bima Sakti. 

Alam Semesta, Pengertian Alam Semesta, Galaksi di Alam Semesta, Bintang Terbesar di Alam Semesta, Sejarah Alam Semesta, Teori Alam Semesta.
Bintang Terbesar di Alam Semesta: UY Scuti

Astronom Jerman awalnya menemukan UY Scuti di Observatorium Bonn pada tahun 1860, namun baru pada saat para astronom mengamati UY Scuti melalui Very Large Telescope di Gurun Atacama Chili pada tahun 2012 bahwa ukuran sebenarnya bintang tersebut terdokumentasi dengan baik. Setelah penemuan ini, UY Scuti secara resmi dinobatkan sebagai bintang terbesar yang diketahui di galaksi Bima Sakti, melebihi pemegang rekor sebelumnya seperti Betelgeuse, VY Canis Majoris, dan NML Cygni.

Meskipun ada bintang yang lebih terang dan lebih padat dari pada UY Scuti tapi UY Scuti memiliki ukuran terbesar dari setiap bintang yang diketahui saat ini, dengan radius 1.708 ± 192 R. Angka itu berjumlah antara 1.054.378.000 dan 1.321.450.000 mil, yang kira-kira 1.700 kali lebih besar dari radius Matahari kita dan 21 miliar kali volumenya. Hanya membayangkan angka-angka tersebut di kepala saja sudah sulit, jadi mari kita lihat ilustrasi berikut.

Dari sudut pandang kita, Bumi sudah berukuran cukup besar dibandingkan dengan ukuran kita yang tinggal di dalamnya. Tapi dibandingkan dengan beberapa planet tetangga dekat kita, rumah kita sangat kecil. Mari kita bayangkan sejenak bahwa Bumi adalah bola berdiameter 8 inci. Pada skala itu, Matahari berdiameter sekitar 23 menter, yang tingginya lebih beberapa meter dari ketinggian Gedung Putih. Nah, UY Scuti, berdiameter 38100 meter. Begitulah besarnya UY Scuti.

Jadi, apa jadinya jika UY Scuti bertukar posisi dengan Matahari kita? Bintang tersebut akan menelan keseluruhan orbit Jupiter, menelan Matahari, lima planet pertama tata surya kita, dan sabuk asteroid tanpa hambatan. Beberapa ilmuan berspekulasi bahwa bintang tersebut mungkin bahkan lebih besar, cukup untuk melampaui orbit Saturnus. Tidak hanya itu, gravitasi UY Scuti akan melahap planet yang lebih besar dan planetoid yang jauh dari tata surya kita seperti Pacman Man antar bintang, dan apapun yang tersisa yang tidak dapat dimakan perlu waktu bertahun-tahun untuk menyelesaikan rotasi orbit untuk mengitari bintang ini.

Harus ditekankan bahwa kita terus mengeksplorasi, mengamati, dan menemukan hal-hal baru tentang galaksi kita dan triliunan benda langit yang ada di dalamnya. Perspektif kita, dalam skala universal, sangat kecil. Bahkan jika UY Scuti adalah bintang terbesar di Bima Sakti, mungkin ada bintang-bintang besar lainnya di galaksi jauh yang mengerdilkan milik kita. Sayangnya, kita mungkin tidak akan pernah tahu.

Demikianlah penjelasan mengenai Bintang Terbesar di Alam Semesta: UY Scuti, Baca juga: At-Tifasyi : Pelopor Ilmu Geologi

Posting Komentar untuk "Nama Bintang Terbesar di Alam Semesta: UY Scuti"