Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Manfaat dan Alasan Kenapa Belajar Geografi

Manfaat Geografi ~ Saat pertama kali belajar geografi, pernakah kalian bertanya pada guru kalian, apa manfaat belajar geografi? Bagi yang belum tahu, manfaat mempelajari geografi banyak banget loh. Sebagaimana kita ketahui, geografi mencakup disiplin ilmu lain berkaitan dengan bumi dan segala fenomena yang terjadi di dalamnya, sehingga manfaat mempelajarinya pun akan banyak sekali. Nah pada kesempatan ini saya hadirkan 10 manfaat mempelajari geografi. Yuk langsung baca saja penjelasan berikut!
Geografi, Manfaat Geografi, Pendekatan Geografi, Prinsip Prinsip Geografi, Pengertian Geografi, Definisi Geografi, Konsep Geografi, Konsep Dasar Geografi
Manfaat Geografi - 10 Alasan Belajar Geografi

Memberikan Informasi tentang Pemetaan Daerah Rawan Bencana
Perkembangan ilmu pengetahuan dan sarana untuk mendapatkan berbagai penelitian sekarang lebih mudah. Kemudahan mengakses informasi harus digunakan untuk mendukung terciptanya peta daerah rawan bencana. Tujuannya agar dana yang disalurkan pemerintah untuk bencana banyak digunakan untuk penanganan bencana. Geografi memainkan peran penting dalam pemetaan rawan bencana, melalui pengumpulan data fisik wilayah (curah hujan dan tipe tanah) tim pemerintah dan ahli dapat merumuskan zona rawan bencana di suatu wilayah.

Pemetaan Potensi Pertanian Daerah
Untuk mengetahui potensi daerah di sektor pertanian dapat dilakukan analisis kesesuaian lahan pertanian. Sebelum melakukan analisis, informasi geografis seperti land slope, data jenis tanah, klimatologi dan ketinggian diperlukan. Setelah data ini dikumpulkan maka dilakukan teknik overlay peta land slope, tinggi tanah, klimatologi dan tipe tanah. Hasilnya akan menunjukkan apakah suatu daerah berpotensi mengembangkan sektor pertanian sebagai sektor unggulan daerah.

Memberikan Informasi tentang Potensi Ekonomi Daerah
Bagaimana mengetahui potensi ekonomi daerah melalui mempelajari geografi? Saat ini geografi tidak hanya berkaitan dengan keadaan fisik tanah, namun kondisi ekonomi suatu wilayah juga dipelajari di bidang geografi. Informasi daerah melalui pemetaan pertanian dan perkebunan, misalnya, dapat digunakan untuk mengukur pertumbuhan PDRB kabupaten dan kabupaten. Informasi akan memberikan gambaran umum tentang posisi kabupaten di antara kabupaten lain, baik yang termasuk kawasan tertinggal maupun terbelakang.

Memberikan Informasi tentang Potensi Alam Daerah
Pemetaan geografis yang dilakukan untuk berbagai keperluan akan membantu pemangku kepentingan dan kepala daerah mengenali potensi daerahnya. Salah satunya adalah untuk meringkas tingkat lahan pertanian, perkebunan dan lahan kosong di satu daerah. Informasi ini akan memberikan gambaran umum bagi kepala daerah untuk merumuskan program pembangunan di sektor-sektor utama guna meningkatkan PAD Kabupaten.

Memberikan Informasi Perubahan Iklim
Geografi berperan dalam memberikan informasi berkaitan dengan iklim dan kondisi cuaca satu wilayah. Data klimatologi berfungsi untuk menentukan jenis pengembangan hortikultura dan pertanian yang tepat dalam satu area. Data curah hujan akan mengarahkan jenis pengembangan tanaman pertanian yang sesuai untuk pengembangan masyarakat.

Pengarah Pembangunan Daerah
Geografi digunakan untuk mengarahkan pembangunan daerah, karena melalui informasi kondisi fisik daerah, dapat dianalisis potensi keunggulan daerah. Misalnya, pemetaan potensi pertanian di dalam satu kabupaten dapat digunakan untuk mengarahkan jenis pemanfaatan lahan yang dibangun ke dalam satu lanskap tunggal. Jika suatu lahan dijadikan lahan pertanian potensial, maka pembangunan perumahan dan fungsi publik lainnya bisa dipindahkan ke lokasi lain, agar tidak mengorbankan lahan pertanian.

Memberikan Informasi tentang Keadaan dan Jenis Tanah
Mengetahui informasi tentang jenis tanah merupakan hal yang sangat penting untuk mengarahkan jenis penggunaan lahan yang sesuai di darat. Misalnya untuk pengembangan pariwisata, perlu mempertimbangkan jenis informasi pertanahan, apakah pengembangan kawasan wisata aman bagi pengunjung dan tidak merusak lingkungan sekitar. Selain daerah wisata, informasi jenis tanah juga berguna untuk rencana pengembangan industri, yang bertujuan untuk limbah industri yang mapan untuk mempertimbangkan pembuangan limbah dan kondisi tanah sekitarnya.

Memberikan Informasi Penggunaan Lahan
Geografi juga berperan dalam pengelompokan tipe penggunaan lahan di satu kabupaten. Ilmu geografi seperti penginderaan jarak jauh akan membantu proses pemetaan penggunaan lahan di satu daerah. Informasi penggunaan lahan saat ini sangat diperlukan untuk penelitian di bidang pertanian dan perencanaan kota dan daerah. Untuk melakukan pemetaan penggunaan lahan memerlukan sumber lain, salah satunya diperoleh dari Citra Landsat, Quickbird dan Ikonos.

Memberikan Informasi tentang Kondisi Lingkungan
Data klimatologi, kemiringan lereng, tipe tanah dan geologi sangat berguna untuk mengetahui tingkat kerusakan lingkungan yang terjadi dari tahun ke tahun. Informasi ini berguna bagi masyarakat untuk mengetahui ancaman lingkungan yang bisa terjadi kapanpun sehingga bisa dicegah.

Memberikan Informasi tentang Kepadatan Penduduk
Geografi juga mencakup teori kependudukan dan migrasi populasi di satu kabupaten. Ilmu Geografi dapat menghitung kepadatan penduduk yang berfungsi untuk mengetahui tingkat pertumbuhan penduduk dan skala kelompok umur produktif dan lansia. Melalui informasi kependudukan di bidang geografi, kepala daerah mampu mengukur jumlah potensi usia produktif yang bisa diserap tenaga kerja. Sebaliknya, informasi kependudukan yang menggambarkan usia lanjut usia lebih tinggi dari usia produktif akan menjadi informasi bagi kepala daerah terkait dengan beban beban usia produktif lansia.

Itu baru 10 Manfaat Mempelajari Geografi, masih banyak manfaat-manfaat yang lainnya. Jadi, setelah kita tahu manfaat mempelajari geografi, kita harusnya tahu bahwa ilmu geografi itu penting dan untuk itu kita harus mempelajarinya dengan sangat serius dan sungguh-sungguh.

Posting Komentar untuk "Manfaat dan Alasan Kenapa Belajar Geografi"