Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Kumpulan Pengertian Puisi Menurut Para Ahli Terlengkap

Kumpulan Pengertian Puisi Menurut Para Ahli Terlengkap - Sebagaimana pernah dibahas pada artikel sebelumnya, yakni pengertian puisi lama,puisi baru,dan puisi kontemporer. Sejatinya sebuah sastra pada umumnya terbagi menjadi tiga jenis, yaitu prosa, puisi dan drama. Dimana prosa ialah sebuah sastra yang bersifat bebas, berbeda dengan puisi.

Kumpulan Pengertian Puisi Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Puisi 

 Puisi merupakan salah satu bentuk sebuah karya sastra yang mengungkapkan sebuah perasaan dan suatu pikiran dari si penyair secara imajinatif, tersusun, serta disusun dengan mengonsentrasikan sebuah kekuatan bahasa dengan sebuah struktur fisik serta struktur batin. Atau puisi juga bisa diartikan dengan sebuah seni tertulis yang memakai bahasa sebagai kualitas estetiknya atau keindahan yang terdapat didalamnya.

Disini akan saya ulas Beberapa Pengertian Puisi Menurut Beberapa Ahli yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber, yaitu sebagai berikut :

Pengertian Puisi Menurut Beberapa Ahli


1. Putu Arya  Tirtawirya

Menurut Putu Arya  Tirtawirya pengertian puisi adalah suatu ungkapan secara implicit dan samar, dengan makna yang tersirat, dan kata-kata didalam nya condong pada kata konotatif.

2. John Keats

Menurut John Keats pengertian puisi adalah suatu usaha untuk membaca indah dari membayangkan suatu narasi proses pemikiran atau logis. Tidak menyiratkan sebuah puisi yang tidak masuk akal atau tidak mempunyai narasi.

3. Pradopo

Menurut Pradopo pengertian puisi adalah sebuah aktivitas yang sifatnya pencurahan jiwa yang padat, serta bersifat sugesti dan asosiatif.

4. Djoko Pradopo

Menurut Djoko Pradopo pengertian puisi adalah suatu hasil kegiatan pemadatan, yaitu suatu proses penciptaan dengan cara menangkap sebuah kesan-kesan lalu memadatkannya (Kondensasi).

5. Herman J Waluyo

Menurut Herman J Waluyo pengertian puisi adalah suatu bentu karya sastra yang mengungkapkan sebuah fikiran dan perasaan si penyair dengan secara imajinatif dan tersusun dengan mengonsentrasikan semua kekuatan bahasa dan pengonsentrasian sebuah struktur fisik dan batinnya.

6. Ralph Waldo Emerson

Menurut Ralph Waldo Emerson pengertian puisi adalah cara mengajarkan sebanyak-banyaknya kata dengan kata-kata sedikit mungkin.

7. Watt Dunton

Menurut  Watt Dunton pengertian puisi adalah suatu ekspresi yang kongkret dan sifatnya artistic dari sebuah pemikiran manusia dalam bahasa emosional dan berirama.

8. Sastra Sudjiman

Menurut Sastra Sudjiman pengertian puisi adalah suatu ragam sastra yang bahasanya terikat oleh suatu irama, mantra, rima, serta ssesuatu dalam penyusunan larik dan bait.

9. Usman Awang

Menurut Usman Awang pengertian puisi adalah puisi bukanlah suatu nyanyian orang putus asa yang mencari suatu ketenangan dan kepuasan dalam puisi yang ditulisnya.

10. Muhammad Hj.Salleh

Menurut Muhammad Hj.Salleh pegertian puisi adalah sebuah bentuk karya sastra yang kental dengan music bahasa serta suatu kebijaksanaan oleh si penyair dan tradisinya.

11. Edwin Arlington Robinson

Menurut Edwin Arlington Robinson pengertian puisi adalah suatu bahasa yang akan disampaikan sesuatu yang tidak hendak dinyatakan, tidak diperkirakan sama dan ada puisi yang benar atau sebaliknya.

12. Waluyo

Menurut Waluyo pengertian puisi adalah suatu karya sastra dengan gaya bahasa yang dipadatkan, diersingkat dan diberikan irama dengan suara bunyi yang padu dengan pemilihan sebuah kata kias.

13. H.B. Jassin

Menurut H.B. Jassin pengertian puisi adalah suatu pengucapan dengan sebuah perasaan yang didalamnya mengandung suatu fikiran dan sebuah tanggapan.

14. Dresden

Menurut Dresden pengertian puisi adalah sebuah dunia dalam kata, dimana isi yang terkandung didalamnya merupakan cerminan pegalaman, pengetahuan, dan perasaan penyair yang membentuk sebuah dunia bernama puisi

15. Schmitt dan Viala

Menurut Schmitt dan Viala pengertian puisi adalah seni menciptakan bahasa yang berbeda dari pemakai bahasa sehari-hari. 

Puisi juga memiliki unsur-unsur yang harus dipahami oleh seorang penyair, dibawah ini akan saya bahas mengenai unsur-unsur puisi. Dimana puisi memiliki dua unsur yakni struktur fisik dan struktur batin, berikut ulasan nya  :


Unsur-Unsur Puisi


1.Struktur Fisik Puisi

a. Perwajahan Puisi (Tipografi), merupakan suatu bentuk yang seprti halaman yang tidak dipenuhi dengan kata-kata.

b. Diksi, merupakan pemilihan kata-kata yang dilakukan oleh penyair dalam puisinya.

c. Imaji, merupakan kata atau susunan kata yang dapat mengungkapkan pengalaman indrawi, seperti pengliihatan, pendengaran,perasa.

d. Kata Kongkret, merupakan kata yang ditangkap dengan indera yang memungkinkan munculnya imaji.

e. Bahasa Figuratif, merupakan bahasa berkias yang dapat menghidupkan/meningkatkan efek dan menimbulkan konotasi tertentu.

f. Versifikasi, yakni menyangkut rima, ritme dan metrum.

2. Struktur Batin Puisi

a. Tema/makna(sense) , media puisi yakni bahasa. Tataran bahasa adalah hubungan tanda dengan makna, maka puisi harus bermakna, baik itu makna tiap kata, baris, bait. Maupun makna keseluruhannya.

b.Rasa(feeling), yakni sikap penyair terhadap pokok permasalahan yang terdapat didalam puisinya.

c. Nada (Tone), yakni sikap penyair terhadap pembaca nya, nada juga berkaitan dengan tema dan rasa.

d. Amanat/Maksud/Tujuan (Itention), tujuan yang mendorong penyair menciptakan puisi, baik sadar maupun tidak sadar.

Demikian lah beberapa pengertian puisi menurut para ahli serta unsur-unsur puisi yang harus kita pahami sebelum menulis sebuah puisi. Semoga dapat menjadi acuan anda dalam mempelajari penciptaan puisi yang memiliki nilai.

Posting Komentar untuk "Kumpulan Pengertian Puisi Menurut Para Ahli Terlengkap"