Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Karakteristik Matahari, Pusat Sistem Tata Surya

Matahari – pusat tata surya atau matahari merupakan sebuah bintang paling dekat dengan planet bumi. Bintang adalah benda langit yang bisa menghasilkan cahaya sendiri. Dan matahari ialah salah satu bintang yang banyaknya 100 miliar lebih yang ada pada galaksi Bimasakti. Sehingga letak matahari yang dekat terhadap bumi, dengan cahaya matahari yang tampak lebih terang serta ukuran matahari juga tampak lebih besar dibanding pada berjuta-juta bintang lain diangkasa. Matahari memancarkan cahaya dengan panasnya pada inti matahari telah terjadi reaksi fusi dan menghasilkan energi sangat besar. Besar suhu inti matahari paling tidak ± 15 juta °C serta suhu pada permukaan kurang lebih mencapai 6.000 °C, dan matahari tersebut terdiri dari gas hidrogen hingga (80%–90%) sekaligus gas helium. Sedangkan energi yang dipancarkan oleh matahari setiap detiknya sebanding dengan energi matahari yang telah diterima oleh Bumi dalam waktu 100 tahun. Sedangkan panas yang dipancarkan oleh matahari sebagai sumber energi utama pada bumi.

Matahari, Karakteristik Matahari, Ciri-ciri Matahari, Sistem Tata Surya.
Karakteristik Matahari, Pusat Sistem Tata Surya | 
Matahari berputar dengan porosnya dari arah barat ke timur. Bila dibanding dengan bumi, ukuran dari matahari tersebut sangatlah besar. Diameter dari matahari sebesar 110x diameter planet bumi. Matahari berbentuk menyerupai dengan bola gas dalam diameter mencapai ±1,4 juta kilometer atau (1.400.000 km). dengan volume matahari yang hampir mencapai 1 juta dibanding volume bumi. Pada ukuran matahari yang memang sangat besar tersebut, maka matahari mempunyai gaya gravitasi yang besar. Sedangkan gaya gravitasi dari matahari sebesar 28 kali dibanding dengan gaya gravitasi planet bumi. Dengan besarnya gaya gravitasi tersebut, maka akan terjadi gaya tarik-menarik pada matahari dengan planet-planet maupun benda langit yang lain. Hal tersebut yang menyebabkan planet-planet maupun benda langit lain selalu beredar untuk mengelilingi matahari.
Jarak tempuh antara matahari dengan bumi ialah 149.000.000 km yang sering dibulatkan menjadi 150 juta km. Dan jarak tersebut sering disebut dalam istilah satu satuan astronom. Pusat tatasurya tersebut mempunyai diameter yang hampir mencapai 1.390.000 km. Matahari mampu memancarkan cahaya karena dalam inti matahari terjadi reaksi fusi yang mampu menghasilkan energi sangat besar.

Sekian penjelasan dari kami, semoga artikel Geografi di atas tentang Karakteristik Matahari, semoga bisa bermanfaat dan menjadi sumber belajar online temen-temen semua. Sertakan komen jika dari artikel di atas terdapat beberapa kesalahan. Bagikan ke teman-teman yang lainnya jika dirasa artikel di atas bermanfaat. Terima kasih...

Posting Komentar untuk "Karakteristik Matahari, Pusat Sistem Tata Surya"