Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Jika Tidak Ada Atmosfer di Bumi (4 Hal Mengerikan)

Atmosfer, seperti kita ketahui, adalah lapisan pelindung gas yang menyelimuti Bumi. Ini terdiri dari sejumlah gas, termasuk nitrogen (78%), oksigen (21%), argon (0,93%) dan bekas karbon dioksida, hidrogen, helium dan gas mulia lainnya.

Jika kita berbicara tentang manfaat dari atmosfir, mungkin tidak akan cukup hanya dengan menuliskannya saja. Kenyataan bahwa sebagian besar kehidupan yang kita tahu bergantung pada keberadaan atmosfer. Selain menjadi sumber oksigen yang melimpah, yaitu jalur kehidupan sebagian besar bentuk kehidupan di Bumi, atmosfer juga bertindak sebagai lapisan isolasi yang melindungi kita dari cahaya yang intens dan radiasi matahari yang berbahaya. Tapi pernahkah kamu banyangkan jika bumi tidak memiliki Atmosfer? Apa Jadinya?

fungsi manfaat atmosfer
Tidak Ada Atmosfer di Bumi (4 Hal Mengerikan)

1. Tidak Ada Kehidupan

Jika bumi tidak mempunyai atmosfer, tidak mungkin ada manusia atau bahkan tidak ada kehidupan. Fakta ini seharusnya tidak mengejutkan. Karena manusia benar-benar dan sepenuhnya bergantung pada oksigen yang ada di atmosfer, tidak akan ada kemungkinan kelangsungan hidup kita jika tidak ada oksigen. Ini tidak hanya berlaku untuk manusia, tapi juga setiap makhluk yang bergantung pada oksigen, dari semut terkecil sampai paus biru terbesar, semuanya akan binasa.

2. Tidak Ada Air

Atmosfer bertindak seperti rumah kaca. Sinar dari Matahari tidak semuanya masuk, tetapi disaring terlebih dahulu sehingga menyisakan sinar matahari yang tidak berbahaya. Ketika terjadi penguapan akibat panas matahari, uap air yang terangkat tidak langsung keluar ke luar angkasa, melainkan di tahan di atmosfer untuk selanjutnya terjadi siklus hidrologi. Bayangkan jika tidak ada atmosfer di bumi kita, Dengan tidak adanya atmosfer, lautan hanya akan menguap akibat panas yang ekstrem. Kita tida dapat menemukan air di bumi jika tidak ada atmosfer. Jika tidak ada air, maka tidak ada kehidupan.

3. Suhu Ekstrim

Apa yang akan terjadi pada suhu di Bumi? Bulan tidak memiliki atmosfer, jadi pada dasarnya, bulan akan bersuhu 125 drajat celsius di siang hari, dan bersuhu -120 derajat celsius di malam hari. Demikian pula yang akan terjadi di bumi jika bumi kita tidak memiliki atmosfer. Suhu ekstrim yang mana kita, Manusia dan makhluk hidup lainnya tidak dapat bertahan walau hanya satu jam saja tanpa atmosfer!

4. Hujan Asteroid

Sebagaimana kita ketahui, ada ribuan asteroid yang jatuh ke bumi setiap harinya. Untung saja kita punya atmosfer. Asteroid-asteorid tersebut terkikis saat masuk melewati atmosfer kita, dan hanya menyisakan sisa sedikit saja saat menyentuh permukaan bumi. Nah, banyangkan jika tidak ada atmosfer, Bumi kita akan menerima serangan asteroid secara langsung. Dan jika asteorid secara langsung menghantam bumi, kehidupan di bumi akan terancam punah. Seperti punahanya Dinosaurus yang menurut para ahli akibat serangan meteor atau asteroid.

Secara keseluruhan, Bumi sangat bergantung pada atmosfer. Semua bentuk kehidupan hidup di Bumi dengan nyaman karena jasa perlindungan dari Atmosfer. Untuk itu, yuk jaga lingkungan kita agar atmosfer tetap terjaga, agar lapisan ozon tetap terjaga, toh intinya manfaat itu akan kembali ke kita semua. Terima kasih sudah berkenan membaca. Ayo selamatkan Bumi!

Posting Komentar untuk "Jika Tidak Ada Atmosfer di Bumi (4 Hal Mengerikan)"