Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Beberapa Pengertian, Fungsi, dan Unsur-Unsur Manajemen secara umum

Manajemen secara umum ialah ilmu dan seni tentang perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan terhadap anggota organisasi. Pengertian, Fungsi, dan Unsur-Unsur Manajemen secara umum bahwa manajemen mengatur penggunaan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Manajemen memiliki kegiatan dalam mengatur, memimpin, mengelola, mengendalikan dan mengembangkan sebuah organisasi. Manajemen merupakan sebuah seni dalam menyelesaikan pekerjaan secara kerjasama dengan orang lain. di dalam sebuah manajemen organisasi, seorang pemimpin berhak untuk mengatur, mengawasi dan mengkontrol jalannya organisasi tersebut. tujuan diadakannya sistem manajemen adalah agar organisasi dapat mencapai tujuan awal dengan melalui kerjsama dengan anggota organisasi atau sumber daya di dalam organisasi.
Beberapa Pengertian, Fungsi, dan Unsur-Unsur Manajemen secara umum

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli 

Menurut Harold Koontz dan Cyrill O' Donnel mengatakan bahwa manajemen merupakan cara mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. dalam organisasi, untuk mencapai sebuath tujuan tidak bisa dilakukan hanya dengan satu divisi, melainkan harus dengan kerjasama tim divisi lainnya. untuk membuat kerjasama itu berhasil, dibutuhkan sistem manajemen yang bagus agar setiap anggota organisasi dapat berpartisipasi penuh. Manajemen membuat perencanaan hingga mengontrol jalannya rencana awal tersebut. Pengertian, Fungsi, dan Unsur-Unsur Manajemen secara umum menurut George Terry mengatakan bahwa manajemen merupakan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya menggunakan kegiatan orang lain. pengertian yang tidak jauh berbeda dengan Koontz, bahwa manajemen menggunakan tenaga orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

Kegiatan orang lain yang dimaksud adalah kerjasama sumber daya manusia didalam organisasi dalam mencapai tujuan tertentu. Pengertian, Fungsi, dan Unsur-Unsur Manajemen secara umum Menurut Henry Fayol, manajemen merupakan sebuah proses yang terdiri dari kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan sumber daya manusia dan mengendalikannya untuk mencapai tujuan tertentu. Manajemen berperan dari perencanaan tujuan organisasi sejak awal terbentuknya. Lalu anajemen juga berperan dalam mengorganisasikan atau mengelompokkan orang-orang atau sumber daya manusia ke tempat yang sesuai dengan kemampuannya. Fngsi organisasi ini akan membantu jalnnya anggota organisasi dalam mencapai tujuan. Seorang manajer harus mampu menempatkan pegawainya secara tepat agar kinerja mereka juga maksimal.

Manajer juga berperan dalam menggerakan anggota organisasi agar melaksanakan tugasnya dengan benar. Setelah mengelompkkan anggota organisasi kedalam divisi yang sesuai, maka fungsi pengorganisasian juga meliputi pemberian tugas sesuai dengan divisinya. Dengan begitu maka tujuan organisasi akan dapat dicapai dengan kerjasama tim. Pengertian, Fungsi, dan Unsur-Unsur Manajemen secara umum juga harus melakukan pengendalian. Tujuannya agar anggota organisasi tidak keluar jalur dalam mencapai tujuan organisasi, karena jika sampai menyeleweng dari tujuan utama, maka organisasi tidak akan berjalan dengan lancar. Fungsi manajemen pada umumnya dimulai sejak awal perencanaan, hingga nanti ketika tujuan telah dicapai maka manajemen akan melakukan evaluasi.

Pengertian, Fungsi, dan Unsur-Unsur Manajemen secara umum yaitu bahwa manajemen memiliki fungsi perencanaan. Dimana pada perencanaan yaitu penataan tujuan organisasi dan strategi, kebijakan, program, metode, sistem, anggaran dan standar yang dibutuhkan dalam mencapai tujuan organisasi. Dalam proses perencanaan terdapat beberapa tahap yaitu menentukan tujuan yang melibuti kebutuhan organisasi, merumuskan keadaan saat ini yaitu memahami posisi perusahaan, mengidentifikasi kemudahan dan hambatan yakni mengetahui titik lemah dan kekuatan dari organisasi dalam mencapai tujuan tertentu dan mengembangkan rencana untuk pencapaian tujuan yakni tahap terakhir dalam proses perencanaan yaitu dengan mencari solusi alternative dalam mencapai tujuan dan pengambilan keputusan untuk berbagai alternative yang akan dipilih.

Fungsi Manajemen Secara Umum

berikutnya dalam Pengertian, Fungsi, dan Unsur-Unsur Manajemen secara umum yaitu fungsi pengorganisasian. Dalam fungsi ini manajemen menyusun struktur organisasi yang sesuai dengan tujuan, sumber daya organisasi dan lingkungan. Pengorganisasian bertujuan untuk membagi suatu kegiatan yang besar menjadi kegiatan yang lebih kecil yakni dalam divisi yang telah dibagi. Fungsi manajemen pengorganisasian yaitu untuk menetapkan struktur organisasi, mendelegasikan wewenang dan memantapkan hubungan.  Fungsi manajemen berikutnya yaitu dalam penyusunan personalia atau staffing. Staffing merupakan proses penarikan, pelatihan dan pengembangan serta penempatan dan pemberian ritentasi kepada karyawan yang akan menguntungkan bagi organisasi serta membuat karyawan menjadi lebih produktif. Kegiatan dalam staffing yaitu seperti rekruitmen karyawan, seleksi dan pengenalam organisasi.

Fungsi manajemen berikutnya yaitu dalam fungsi pengarahan. Pengertian, Fungsi, dan Unsur-Unsur Manajemen secara umum dalam pengarahan yaitu untuk membuat karyawan melakukan apa yang diinginkan dan harus dilakukan. Fungsi dalam pengarahan melibatkan kualitas gaya dan kekuasaan pemimpin, sehingga pemimpin yang kredibilitas akan mampu membuat anggota organisasi dapat berfungsi seperti semestinya. Fungsi organisasi yang terakhir yaitu fungsi pengawasan. Pengawasan merupakan tindakan seorang manajer untuk menilai dan mengendalikan jalannya suatu kegiatan demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan dalam perencanaan. Jadi tujuan pengawasan adalah untuk memperbaiki kesalahan, penyimpangan dan penyelewangan yang tidak sesuai dengan rencana awal.

Manajemen merupakan proses yang panjang. Pengertian, Fungsi, dan Unsur-Unsur Manajemen secara umum dalam mencapai tujuan organisasi, maka diperlukan unsur-unsur dalam manejemen. Unsur atau tools merupakan syarat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam unsur manajemen terdapat SDM yaitu faktor manusia yang paling menentukan. Manusia membuat tujuan dan manusia pula yang melakukan proses pencapaian tujuan tersebut, karena tanpa adanya manusia maka tidak ada proses kerja. Lalu unsur berikutnya yaitu Uang. Uang merupakan hal yang tidak bisa diabaikan dalam proses manajemen. Besar kecilnya uang dapat diukur dengan melihat peredaran uang dalam perusahaan. Uang merupakan alat yang paling penting dalam mencapai tujuan karena segalanya harus diuur secara rasional yaitu dengan uang.

Unsur-Unsur Manajemen Secara Umum

Unsur manajemen berikutnya adalah bahan atau material. Untuk mencapai tujuan organisasi, manusai harus mampu menggunakan bahan atau materi sebagai suatu sarana. Pengertian, Fungsi, dan Unsur-Unsur Manajemen secara umum yaitu unsur mesin. Setelah kinerja manusia, maka manusia juga membutuhkan mesin untuk membantunya bekerja. Penggunaan mesin akan membuat kinerja menjadi lebih efisien. Penggunaan mesin juga bisa membawa kemudahan dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Hasil yang dicapai dengan mesin juga lebih besar dibandingnya denganc cara manual atau tenaka manusianya. Jadi kini bay=nyak organisasi yang juga menggunakan mesin untuk memproduksi banyak barang dan manusia hanya sebagai pengontrol mesin tersebut.

Unsur manajemen yang terakhir yaitu pasar. Memasarkan produk harus melihat kondisi pasar. Dengan memahami kondisi pasar, makasebuah organisasi mampu menciptakan barang yang dibutuhkan oleh pasar. Agar pasar dapat dikuasai oleh suatu perusahaan, maka hal yang paling penting ialah kualitas dan harga barang yang harus sesuai dengan selera konsumen, tujuannya agar konsumen tertarik dan mau membeli. Unsur manajemen diatas merupakan hal yang mutlak dalam manajemen. Ketika unsur tersebut telah mampu dipenuhi oleh sebuah organisasi, maka dalam proses berjalannya organisasi akan lancar dan tidak adanya penyelewengan dari tujuan awal. Itulah beberapa Pengertian, Fungsi, dan Unsur-Unsur Manajemen secara umum.

Posting Komentar untuk "Beberapa Pengertian, Fungsi, dan Unsur-Unsur Manajemen secara umum"