Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Beberapa Manfaat dari Atmosfer

Manfaat Atmosfer ~ Tanpa lapisan pelindung gas yang membentuk atmosfer bumi, planet ini menjadi sekam yang tidak bernyawa seperti bulan. Atmosfer Bumi melindungi dan menopang penghuni planet ini dengan memberikan kehangatan dan menyerap sinar matahari yang berbahaya. Selain mengandung oksigen dan karbon dioksida, yang dibutuhkan makhluk hidup untuk bertahan hidup. Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari adanya atmosfer di bumi.

Atmosfer, Pengertian Atmosfer, Lapisan Lapisan Atmosfer, Gambar Atmosfer, Manfaat Atmosfer, Troposfer, Mesosfer, Termosfer, Eksosfer,
Beberapa Manfaat dari Atmosfer

Suhu

Salah satu manfaat terpenting yang diberikan atmosfer adalah menjaga suhu bumi. Di bulan, yang tidak memiliki atmosfer pelindung, suhu bisa berkisar dari 121 derajat Celsius di bawah sinar matahari (250 derajat Fahrenheit) hingga negatif 157 derajat celcius di tempat teduh (250 derajat Fahrenheit negatif). Di Bumi, molekul-molekul di atmosfer menyerap energi matahari dan hanya menyebarkan kehangatan di seluruh planet ini. Molekul-molekul tersebut juga menjebak energi matahari yang terpantul dari permukaan bumi, hal ini membuat malam di bumi menjadi tidak dingin (efek greenhouse/rumahkaca).

Radiasi

Atmosfer berfungsi sebagai perisai pelindung terhadap radiasi dan sinar kosmik. Matahari membombardir sistem tata surya dengan radiasi ultraviolet, dan tanpa perlindungan, radiasi tersebut dapat menyebabkan kerusakan parah pada kulit dan mata. Lapisan ozon yang terdapat di atmosfer bumi menghalangi sebagian besar radiasi ini untuk mencapai permukaan. Lapisan padat gas molekuler juga menyerap sinar kosmik, sinar gamma dan sinar-x, mencegah partikel energik ini untuk menyerang makhluk hidup dan menyebabkan mutasi dan kerusakan genetik lainnya.

Perlindungan Fisik

Tata surya mungkin tampak seperti tempat yang luas dan kosong, namun kenyataannya penuh dengan puing-puing dan partikel-partikel kecil yang tersisa dari penciptaan planet atau tabrakan di sabuk asteroid. Menurut NASA, lebih dari 100 ton reruntuhan ruang angkasa menyerang Bumi setiap hari, kebanyakan berupa debu dan partikel kecil. Ketika mereka bertemu molekul yang membentuk atmosfer bumi, gesekan yang dihasilkan menghancurkannya jauh sebelum mereka mencapai tanah. Bahkan meteor yang lebih besar bisa hancur karena tekanan ketika masuk ke atmosfir, hal ini membuat bencana meteor merupakan kejadian yang sangat langka di Bumi. Tanpa perlindungan fisik terhadap atmosfer, permukaan bumi akan menyerupai bulan, yang penuh dengan bekas jatuhan meteor.

Cuaca dan Air

Atmosfer juga melayani tujuan penting sebagai media pergerakan air. Air yang menguap keluar dari lautan, mengembun saat mendingin dan turun seperti hujan, memberi kelembaban yang memberi kehidupan ke daerah kering di bumi. Menurut Survei Geologi A.S., atmosfer bumi menampung sekitar 12.900 kilometer kubik (3.100 meter kubik) air pada waktu tertentu. Tanpa atmosfer, air hanya akan mendidih ke luar angkasa, atau tetap membeku di bawah permukaan planet ini.

Itulah beberapa Manfaat dari Atmosfer. Semoga setelah kita mengetahui begitu besar manfaat dari atmosfer, membuat kita semakin bersyukur dan menjaga lingkungan kita agar keberadaan atmosfer tetap terjaga. Karena jika atmosfer kita rusak, kita juga yang akan menanggkung akibatnya. Cara mudah untuk menjaga atmosfer adalah mengurangi produksi co2 dari hasil pembakaran bahan bakar fosil. 

Posting Komentar untuk "Beberapa Manfaat dari Atmosfer"