Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Apa Saja Sarana Bantu Ilmu Geografi?

Geografi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang cakupannya cukup luas. Untuk itu, dalam mempelajari geografi pun diperlukan ilmu penunjang dan sarana bantu untuk mempermudah dalam mempelajari ilmu geografi. Untuk mempermudah dalam mempelajari geografi dipelukan sarana bantu, antara lain tabel, diagram, grafik, dan peta. Sarana bantu tersebut digunakan untuk melihat secara tidak langsung atas gejala fisik dan sosial, persebaran, hubungan, serta susunan keruangannya. Berikut adalah penjelasan lengkapnya. Semoga bermanfaat!

Sarana Bantu Ilmu Geografi, Table, Diagram, Grafik, Peta.
Apa Saja Sarana Bantu Ilmu Geografi?

A. Tabel

Tabel menjadi sarana bantu geografi karena memuat data, baik berupa kata, kalimat, ataupun angka tentang fenomena di permukaan bumi. Data tersebut disusun secara sistematis yaitu urut ke bawah atau ke samping dalam lajur dan deret tertentu dan diberi garis pembatas ehingga mudah untuk disimak.

Informasi yang disusun dalam table disesuaikan dengan tema atau topik yang disematkan. Contohnya:

No Lempeng Mayor Lempeng Minor
1. Lempeng Eurasia Lempeng Filipina
2. Lempeng Amerika Utara Lempeng Juan de Fuka
3. Lempeng Amerika Selatan Lempeng Karibia

B. Diagram

Diagram termasuk sarana bantu geografi yang digunakan untuk menjelaskan fenomena geosfer dengan melukiskan bagian-bagian dan cara kerjanya secara berurutan, bias disebut dengan diagram arus.

C. Grafik

Grafik termasuk sarana geografi yang menunjukkan naik dan turun atau pasang surut suaut gejala atau fenomena terntenu antarwaktu dengan menggunakan garis.

D. Peta

Peta termasuk sarana bantu geografi karena memuat bermacam-macam data dari pemukaan bumi yang dapat di informasikan. Untuk memudahkan penyampaian informasi, peta dibuat dengan ukuran, tema, dan topik tertenu.

Itulah penjelasan mengenai Sarana Bantu Ilmu Geografi, semoga dari penjelasan di atas dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan pembaca sekalian. Mohon maaf jika ada suatu kesalahan. Kami terbuka akan kritik dan saran dari pembaca sekalian. Terima kasih banyak sudah menyempatkan berkunjung dan membaca!

Posting Komentar untuk "Apa Saja Sarana Bantu Ilmu Geografi?"