Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Apa Saja Hakikat Ilmu Geografi

Pengertian geografi memuculkan penafsiran yang berbeda-beda sehingga menimbulkan kesan yang berbeda-beda pula. Menurut Karl Ritter, geografi mempelajari bumi sebagai tempat tinggal manusia. Sebagai tempat tinggal manusia, bumi memiliki struktur dan pola yang terbentuk karena pengaruh aktivitas menusia. Agar pengertian geografi tidak terlalu meluas, adanya hakikat geografi dapat dijadikan sebagai batasan.

Terdapat 6 hakikat dari geografi, yaitu sebagai berikut.

Hakikat Ilmu Geografi, Geografi sebagai Ilmu Pengetahuan, Geografi sebagai Retasi Timbal Balik antara Manusia dan Alam, Geografi sebagai Ekologi Manusia, Geografi sebagai Telaah Bentang Alam, Geografi sebagai Telaah Tentang Sebaran Gejala Alam dan Sosial, Geografi sebagai Teori tentang Ruang Bumi.
Penjelasan 6 Hakikat Ilmu Geografi
1. Geografi sebagai Ilmu Pengetahuan, Biosfik
Hakikat ini berlaku apabila yang dipelajari atau dibahas adalah geografi fisik dan geografi biotik yang menjadi dasar telaah atas eluk beluk tanah.

2. Geografi sebagai Retasi Timbal Balik antara Manusia dan Alam
Hakikat ini berlaku apabila yang dikaji adalah topik-topik sosial, contohnya pengangguran, migrasi, dan kelaparan.

3. Geografi sebagai Ekologi Manusia
Di dalam hakikat ini yang dipelajari atau dibahas adalah adaptasi manusia terhadap lingkungan hidupnya. Manusia tidak hanya dianggap dan diakui sebagai makhluk dari dunia fisik-biotik, tetapi juga sebagai suatu kekuatan. Setiap masyarakat memiliki kemampuan dan cara-cara adaptasi yang diwariskan secara turun-temurun dan selalu dikembangkan. Akan tetapi, ekologi mansuai lebih mengutamakan relasi manusia dengan lingkungannya dan kurang memperhatikan adanya hubungan antarwilayah.

4. Geografi sebagai Telaah Bentang Alam
Di dalam hakikat ini geografi membahas tentang geomorfologi permukaan bumi sehingga dapat diketahui adanya persamaan dan perbedaan bentuk-bentuknya.

5. Geografi sebagai Telaah Tentang Sebaran Gejala Alam dan Sosial
Di dalam hakikat ini geografi membahas gejala dan fenomena yang terjai di mana-mana. Oleh karena gejala dan fenomena tersebut terjadi di mana-mana dan berbeda-beda, maka teknik pembahasan yang dilakukan pun berbeda-beda pula.

6. Geografi sebagai Teori tentang Ruang Bumi
Di dalam hakikat ini yang dibahas adalah kemampuan adaptasi manusia di dalam berperilaku sesuai dengan ruang keberadaanya.

Itulah penjelasan mengenai Hakikat Ilmu Geografi, semoga dari penjelasan di atas dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan pembaca sekalian. Mohon maaf jika ada suatu kesalahan. Kami terbuka akan kritik dan saran dari pembaca sekalian. Terima kasih banyak sudah menyempatkan berkunjung dan membaca!

Posting Komentar untuk "Apa Saja Hakikat Ilmu Geografi"