Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

5 Lapisan Lapisan di Atmosfer

Lapisan Atmosfer ~ Atmosfir bumi memiliki serangkaian lapisan, masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Jika diurut dari permukaan tanah, lapisan ini dinamai troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer dan eksosfer. Eksosfer secara bertahap memudar ke dalam ruang angkasa. | Geografi

Atmosfer, Pengertian Atmosfer, Lapisan Lapisan Atmosfer, Manfaat Atmosfer, Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer, Eksosfer
5 Lapisan Lapisan di Atmosfer

Troposfer

Troposfer adalah lapisan terendah atmosfer kita. Mulai di permukaan tanah, ia meluas ke atas sampai sekitar 10 km di atas permukaan laut. Kita manusia hidup di troposfer, dan hampir semua cuaca terjadi di lapisan terendah ini. Sebagian besar awan muncul di sini, terutama karena 99% uap air di atmosfer ditemukan di troposfer. Tekanan udara turun, dan suhu menjadi lebih dingin, saat Anda mendaki lebih tinggi di lapisan troposfer.

Stratosfer

Lapisan berikutnya disebut stratosfer. Stratosfer memanjang dari puncak troposfer sampai sekitar 50 km di atas tanah. Lapisan ozon yang terkenal ditemukan di dalam stratosfer. Molekul ozon di lapisan ini menyerap sinar ultraviolet berenergi tinggi (UV) dari Matahari, mengubah energi UV menjadi panas. Tidak seperti troposfer, di lapisan stratosfer justru semakin tinggi semakin panas! Kenaikan suhu di lapisan stratosfer berarti bahwa udara di stratosfer tidak memiliki turbulensi. Pesawat jet biasanya terbang di stratosfer bagian bawah, karena lapisan yang tidak bergejolak ini memberikan perjalanan yang lebih mulus.

Mesosfer

Di atas stratosfer adalah mesosfer. Lapisan ini meluas ke atas sampai ketinggian sekitar 85 km di atas planet kita. Kebanyakan meteor terbakar di mesosfer. Berbeda dengan stratosfer, suhu di lapisan mesosfer sangat dingin. Semakin tinggi kamu berada di lapisan mesosfer, kamu akan menemukan suhu yang semakin dingin. Suhu terdingin di atmosfer bumi, sekitar -90 ° C, ditemukan di dekat lapisan atas ini. Udara di mesosfer terlalu tipis untuk bernafas; tekanan udara di bagian bawah lapisan jauh di bawah 1% tekanan di permukaan laut, dan terus menurun saat kamu pergi lebih tinggi.

Diperbatasan antara mesosfer dan termosfer, terdapat suatu daerah yang disebut ionosfer. Ionosfer merupakan lapisan dimana radiasi berenergi tinggi dari Matahari melepaskan elektron dari atom induk dan molekulnya. Atom bermuatan listrik dan molekul yang terbentuk dengan cara ini disebut ion, memberi ionosfer namanya dan memberi wilayah ini beberapa sifat khusus.

Termosfer

Lapisan udara yang terdapat di atas mesosfer disebut termosfer. Sinar-sinar energi tinggi dan radiasi UV dari Matahari diserap di termosfer, menaikkan suhunya menjadi ratusan atau ribuan derajat. Namun, udara di lapisan ini sangat tipis sehingga terasa dingin sekali pada kita! Dalam banyak hal, termosfer lebih mirip ruang angkasa luar dari pada bagian atmosfer. Variasi jumlah energi yang datang dari Matahari memberikan pengaruh yang kuat baik pada ketinggian puncak lapisan ini dan suhu di dalamnya. Karena itu, bagian atas termosfer dapat ditemukan di ketinggian antara 500 dan 1.000 km di atas tanah. Suhu di termosfer atas dapat berkisar antara 500 ° C sampai 2.000 ° C atau lebih tinggi. Aurora terjadi di termosfer.

Eksosfer

Meskipun beberapa ahli menganggap termosfer sebagai lapisan paling atas dari atmosfer kita, yang lain menganggap eksosfer sebagai "batas akhir" sebenarnya dari lapisan gas bumi. Seperti yang kamu bayangkan, "udara" di dalam eksosfer sangat, sangat, sangat tipis, sehingga lapisan ini lebih menyerupai ruang angkasa daripada termosfer. Sebenarnya, udara di eksosfer terus-menerus - meski sangat lambat - "bocor" dari atmosfer bumi ke angkasa luar. Tidak ada batas atas yang jelas di mana akhirnya eksosfer memudar ke luar angkasa. Definisi yang berbeda menempatkan bagian atas eksosfer di suatu tempat antara 100.000 km dan 190.000 km di atas permukaan Bumi. 

Demikianlah penjelasan tentang Lapisan-lapisan Atmosfer, semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua. Apabila terdapat kesalahan di tulisan di atas, kritik dan saran dari pembaca sekalian akan sangat berharga untuk kemajuan blog kami. Terima kasih atas partisipasinya.

Posting Komentar untuk "5 Lapisan Lapisan di Atmosfer"