Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

4 Jenis Gempa Bumi

Jenis-jenis Gempa Bumi ~ Gempa bumi adalah salah satu dari banyak bencana alam yang menyebabkan kerusakan pada bangunan dan menyebabkan ribuan nyawa selama bertahun-tahun. Padahal, menurut statistik, 50 sampai 80 gempa terjadi setiap hari dan sekitar 2000 setiap tahunnya. Saat gempa terjadi, sulit untuk mengatakan jumlah kerusakan yang akan diakibatkannya. Terlepas dari sifat dan bangunan yang dihancurkan, gempa bumi dapat memicu tsunami yang dapat mencabut populasi atau menyebabkan hilangnya nyawa. Gempa bumi membunuh banyak orang karena mereka tidak memiliki tanda peringatan dan umunya orang belum siap. Meski ada upaya oleh pemerintah untuk mencari tahu massa tentang tanda dan kesiapan peringatan gempa, banyak yang belum terlaksana. Untuk lebih memahami tentang materi gempa bumi, berikut kami hadirkan penjelasan mengenai Jenis-jenis Gempa Bumi. 
Gempa Bumi, Pengertian Gempa Bumi, Penyebab Terjadinya Gempa Bumi, Penjelasan Proses Gempa Bumi, Jenis-jenis Gempa Bumi, Dampak Gempa Bumi.
4 Jenis Gempa Bumi

Gempa Tektonik

Kerak bumi terdiri dari fragmen tanah yang longgar dan retak yang disebut lempeng tektonik. Lempeng ini mampu bergerak perlahan dan bertahap. Gerakan lempeng ini terjadi dalam bentuk yang berbeda; menuju satu sama lain, saling menjauh, saling meluncur satu sama lain atau bertabrakan satu sama lain. Sebuah getaran besar terjadi saat 2 lempeng saling tergelincir satu sama lain. Jenis gempa ini dikenal sebagai gempa tektonik. Gempa tektonik adalah jenis gempa yang paling umum di dunia. Besarnya mungkin kecil atau besar. Gempa tektonik telah menyebabkan sebagian besar pemusnah massal planet ini. Tremor yang dipicu oleh gempa tektonik selalu parah, dan jika besarnya tinggi, mereka mampu menjatuhkan seluruh kota dalam hitungan detik.

Gempa Bumi Vulkanik

Dibandingkan dengan gempa tektonik, gempa vulkanik terbilang jarang. Gempa jenis ini biasanya terjadi sebelum atau sesudah letusan. Gempa vulkanik datang dalam dua bentuk: gempa vulkanik periode panjang dan gempa vulkanik-tektonik. Gempa vulkanik-tektonik biasanya terjadi setelah letusan gunung berapi. Ketika terjadi gempa bumi, magma meletus dari dalam kerak bumi sehingga meninggalkan tempat kosong di belakangnya. Ruang yang tersisa setelah letusan magma terus harus terisi. Untuk mengisinya, batu bergerak menuju ruang tersebut yang mengakibatkan gempa bumi parah.

Dalam banyak kesempatan, magma terhalang keluar saat meletus. Hal tersebut berarti tekanan tinggi gagal dilepaskan. Penumpukan tekanan menjadi tak tertahankan dan akhirnya dilepaskan dengan ledakan besar. Ledakan besar tersebut menghasilkan gempa yang luar biasa. Di sisi lain, periode panjang gempa vulkanik terjadi setelah letusan gunung berapi. Beberapa hari sebelum ledakan dahsyat tersebut, magma di dalam kerak bumi mengalami perubahan panas yang cepat. Perubahan panas memicu gelombang seismik, sehingga terjadi gempa.

Gempa Bumi Ledakan 

Gempa ini disebabkan oleh suatu ledakan. Gempa ini pada dasarnya adalah akibat dari perbuatan manusia. Ledakan yang besar dapat menyebabkan gempa, ledakan tersebut bisa berasal dari bom atau ledakan nuklir. Gempa bumi ledakan diperkirakan banyak terjadi dan merupakan dampak terbesar dari perang nuklir modern. Selama tes nuklir tahun 1930-an yang dilakukan oleh United Sate, banyak kota kecil dan desa hancur akibat perbuatan tersebut.

Gempa Bumi Runtuhan

Jenis gempa ini umumnya lebih kecil dan paling umum terjadi di dekat tambang bawah tanah. Gempa jenis ini kadang-kadang disebut sebagai ledakan tambang. Gempa bumi runtuhan ini disebabkan oleh tekanan yang dihasilkan di dalam bebatuan. Gempa semacam ini menyebabkan runtuhnya atap tambang yang memicu guncangan. Gempa bumi runtuhan terjadi di daerah-daerah kecil di mana masih terdapat tambang-tambah bawah tanah.

Itulah penjelasan mengenai Jenis-jenis Gempa, yang mencakup gempa tektonik, vulkanik. kedakan, dan runtuhan. Semoga apa yang dijelaskan di atas bermanfaat dan dapat diterima. Terima kasih banyak...

Posting Komentar untuk "4 Jenis Gempa Bumi"