Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Pengertian Etika dan Hukum Kesehatan Menurut Para Ahli

Pengertian Etika dan Hukum Kesehatan Menurut Para Ahli Menyangkut Profesi Kesehatan

Di dalam setiap profesi terdapat aturan-aturan standar yang menjadi prinsip perilaku dan tanggung jawab yang diberikan kepada orang-orang yang berprofesi tertentu. Hal ini agar tidak terjadi perilaku menyimpang dari orang-orang yang bersangkutan, misalnya saja dalam profesi di bidang kesehatan. Oleh sebab itu, bagi orang-orang yang berkecimpung di bidang kesehatan harus memahami
pengertian etika dan hukum kesehatan menurut para ahli lalu diterjemahkan sendiri ke dalam pemahamannya masing-masing. Karena pada dasarnya meskipun bahasa masing-masing ahli dapat berbeda, tetapi memiliki makna yang sama.

Pengertian etika profesi menurut para ahli tersebut jika dikaitkan dengan dunia kesehatan akan menjadi hukum kesehatan. Hukum kesehatan itu sendiri memiliki pengertian yaitu ketentuan hukum yang terkait dengan pemeliharaan kesehatan dan pelayanannya. Di sini hak dan kewajiban masyarakat pengguna fasilitas kesehatan harus diperhatikan, baik dari sarana dan prasarana. Bahkan masing-masing profesi kesehatan memiliki hukumnya masing-masing, seperti untuk dokter, perawat, apoteker, dan profesi kesehatan lainnya.

Pada umumnya terdapat dua jenis etika disamping pengertian etika dan hukum kesehatan menurut para ahli, yaitu etika umum dan etika khusus. Etika umum membahas mengenai kondisi dasar tentang bagaimana seharusnya orang-orang berperilaku sesuai dengan profesinya masing-masing. Prinsip dasar ini akan menjadi prinsip yang bisa membuat orang-orang berperilaku baik dan apa yang tidak boleh. Kemudian yang kedua yaitu etika khusus yang menyangkut individu dan sosial. Untuk etika individu adalah perilaku bahwa setiap orang harus bertanggung jawab dengan dirinya sendiri, sedangkan etika sosial tentang perilaku orang-orang di dalam lingkungan masyarakat atau lingkungan kerjanya.

Posting Komentar untuk "Pengertian Etika dan Hukum Kesehatan Menurut Para Ahli"