Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Contoh Soal Konservasi Flora dan Fauna

Contoh Soal Konservasi Flora dan FaunaFlora dan fauna merupakan kekayaan alam nusantara yang seharusnya diletarikan dan dimanfaatkan sesuai dengan ketentuan yang ada. Untuk itu, penting mengetahui bagaimana usaha-usaha pelestarian flora dan fauna tersebut sehingga dapat berdampak positif di masa depan. 

Untuk menjaga kelestarian flora dan fauna, maka ada upaya konservasi ataupun perlindungan terhadap sumber daya alam hayati yang bisa dilakukan, baik in-situ maupun ex-situ. Konservasi in-situ berupa perlindungan terhadap spesies tertentu sesuai habitat alaminya, misalnya badak di wilayah Taman Nasional Ujung Kulon. Sedangkan konservasi ex-situ adalah perlindungan spesies tertentu di luar habitat aslinya, misalnya Kebun Raya Bogor dan Kebun Binatang Ragunan.
       Pemerintah telah menetapkan kawasan-kawasan konservasi dalam UU No. 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan dan Peraturan Pemerintah No. 34 Tahun 2002 tentang Tata Hutan dan Penyusunan Rencana Pengelolaan Hutan. Pemanfaatan hutan dan penggunaan kawasan hutan secara garis besar dibagi atas.
1. Kawasan Cagar Alam
       Kawasan cagar alam ialah kawasan suaka alam yang karena keadaan alamnya mempunyai kekhasan tumbuhan dan satwa. Atau ekosistem tertentu yang perlu dilindungi dan perkembangannya berlangsung secara alami.
2. Suaka Margasatwa
       Suaka margasatwa ialah kawasan suaka alam yang mempunyai ciri khas berupa keanekaragaman atau keunikan jenis satwa dimana untuk kelangsungan hidupnya dapat dilakukan pembinaan terhadap habitatnya.
3. Taman Hutan Raya
       Taman hutan raya ialah kawasan pelestarian untuk tujuan koleksi tumbuhan dan hewan yang alami atau buatan, jenis asli atau bukan jenis asli yang dimanfaatkan bagi kepentingan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.
4. Taman Wisata Alam 
       Taman wisata alam ialah kawasan pelestarian alam dengan tujuan utama untuk dimanfaatkan bagi kepentingan pariwisata dan rekreasi alam.
5. Taman Nasional 
       Taman nasional ialah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan zonasi yang dimanfaatkan untuk keperluan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata dan rekreasi.
       Taman Nasional di Indonesia tersebar di pulau Sumatera, pulau Jawa, pulau Bali dan kepulauan Nusa Tenggara, pulau Kalimantan, pulau Sulawesi, serta pulau Papua dan Maluku. Taman Nasional merupakan kawasan konservasi yang paling luas, beberapa Taman Nasional di Indonesia, yakni:
a) Taman Nasional Gunung Leuser berada di NAD, luas mencapai 1.064.692 ha, 
b) Taman Nasional Kerinci Seblat berada di perbatasan empat provinsi yaitu Sumatra Barat, Jambi, Sumatra Selatan dan Bengkulu, luas mencapai 1.375.394,87 ha,
c) Taman Nasional Way Kambas, berada di Provinsi Lampung, merupakan ekosistem gajah dan badak, luas mencapai 125.621,30 ha,
d) Taman Nasional Ujung Kulon, berada di Provinsi Banten, merupakan habitat asli badak bercula satu yang keberadaannya semakin sedikit, luas mencapai 123.156 ha,
e) Taman Nasional Bulungan, Kalimantan Timur. Luas mencapai 1.360.500 ha,
f) Taman Nasional Lorentz, Papua, merupakan Taman Nasional terluas mencapai 2.450.000 ha.
       Selain Taman Nasional yang berupa ekosistem hutan, juga terdapat Taman Nasional Laut, di antaranya adalah sebagai berikut:
a) Taman Nasional Laut Bunaken terletak di perairan Sulawesi Utara, luasnya mencapai 89.065 ha,
b) Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, luas mencapai 107.489 ha,
c) Taman Nasional Laut Taka Bone Rate, Sulawesi Selatan, luas mencapai 530.765 ha,
d) Taman Nasional Laut Cendrawasih, Papua, merupakan yang terluas mencapai 1.453.500 ha.

Contoh Soal Konservasi Flora dan Fauna

Untuk menjaga kelestarian flora dan fauna, maka perlu dilakukan upaya….
Upaya konservasi berupa perlindungan terhadap spesies tertentu sesuai habitat alaminya, seperti gajah di Lampung adalah konservasi….
Upaya pemerintah dalam menjaga kelestarian flora dan fauna dengan menetapkan kawasan-kawasan konservasi tertuang dalam….
Kawasan suaka alam yang mempunyai kekhasan tumbuhan dan satwa, atau pun ekosistem tertentu yang perlu dilindungi dan perkembangannya berlangsung secara alami disebut….
Upaya konservasi berupa perlindungan terhadap spesies tertentu di luar habitat alaminya, seperti perlindungan di kebun binatang atau kebun raya adalah konservasi….
Suatu kawasan pelestarian alam dengan tujuan utama untuk dimanfaatkan bagi kepentingan pariwisata dan rekreasi alam disebut juga ….
Taman nasional yang paling luas di Indonesia yang berada di wilayah Papua adalah….
Upaya konservasi salah satu flora langka dan endemik yaitu bunga Raflesia Arnoldi terdapat di provinsi….
Salah satu hewan yang menjadi ciri khas wilayah peralihan Indonesia, yang dilindungi dan dilestarikan keberadaannya di Taman Nasional Lore Lindu-Sulawesi Tengah adalah….
Taman nasional laut yang terkenal dengan keanekaragaman hayatinya di wilayah Sulawesi Utara adalah….

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Konservasi Flora dan Fauna"