Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Contoh Soal Bagaimana Vaksin Melindungi

Contoh Soal Bagaimana Vaksin MelindungiSistem kekebalan tubuh adalah sistem sel kompleks yang berinteraksi untuk mengidentifikasi zat-zat asing yang disebut antigen. Antigen ini bisa berupa dalam keadaan aktif maupun pasif. Sistem kekebalan tubuh yang mengembangkan pertahanan terhadap antigen disebut respon imun. Ia biasanya melibatkan produksi molekul protein oleh limfosit B, yang disebut antibodi atau imunoglobulin, yang fungsinya adalah untuk menghancurkan zat-zat asing.

Kekebalan pasif adalah suatu sistem kekebalan tubuh yang merupakan komponen yang dihasilkan oleh hewan atau manusia dan ditransfer ke manusia lain, biasanya melalui suntikan. Kekebalan pasif merupakan sistem kekebalan tubuh yang efektif, namun hanya bersifat sementara dan biasanya hanya berlangsung selama beberapa minggu atau beberapa bulan saja. Bentuk yang paling umum dari kekebalan pasif ditunjukkan ketika antibodi dari sang ibu ditransfer pada bayinya melalui plasenta selama 1-2 bulan terakhir kehamilan. Seorang bayi, dalam jangka yang panjang, akan memiliki antibodi yang sama seperti ibunya yang akan melindungi bayi dari penyakit tertentu sampai umur satu tahun.

Mengimunisasi anak-anak secara individu juga membantu melindungi kesehatan masyarakat, terutama orang-orang yang tidak dapat diimunisasi. Termasuk anak-anak yang terlalu rentan untuk dilakukan vaksinasi, mereka yang tidak dapat divaksinasi karena alasan kesehatannya, dan mereka yang tidak dapat menghasilkan respon yang baik terhadap vaksinasi.  Efek ini dikenal sebagai  kekebalan bersama.

Kekebalan aktif adalah sistem kekebalan tubuh permanen yang dihasilkan oleh sistem kekebalan tubuh orang itu sendiri. Untuk mendapatkan kekebalan aktif, seseorang harus bertahan hidup terhadap infeksi oleh bentuk penyakit yang disebabkan organisme. Setelah seseorang sembuh dari penyakit menular, ia akan memiliki sistem kekebalan tubuh seumur hidup terhadap penyakit tersebut. Bertahannya kekebalan tubuh selama bertahun-tahun setelah terkena virus ini dikenal sebagai imunologi memori. Setelah penguraian dari sistem kekebalan tubuh terhadap antigen, sel-sel memori B terus beredar di dalam darah selama bertahun-tahun. Setelah sebelum terjadinya penguraian antigen, sel-sel memori mulai membentuk dan menghasilkan antibodi baru secara cepat untuk membentuk kembali kekebalan tubuhnya. 

Cara lain untuk mendapatkan kekebalan aktif yaitu melalui vaksinasi. Vaksin berinteraksi dengan sistem kekebalan pada tubuh dan akan menghasilkan respon imun yang sama dengan yang dihasilkan oleh virus secara alami, tetapi sistem ini tidak menimbulkan penyakit atau komplikasi. Vaksin juga memproduksi memori imunologi yang sama dengan yang diperoleh, yaitu ditandai dengan adanya infeksi alamiah.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi respon kekebalan tubuh terhadap vaksinasi. Faktor tersebut yaitu ditandai dengan adanya antibodi atau kekebalan tubuh dari sang ibu, sifat dan dosis antigen, saluran pemberian antibodi, dan adanya adjuvan. Adapun beberapa faktor lain yaitu seperti faktor usia, faktor gizi, genetika, dan penyakit yang timbul secara bersamaan juga dapat mempengaruhi respon kekebalan tubuh terhadap vaksinasi.

Klasifikasi Vaksin
Vaksin hidup yang dilemahkan yaitu vaksin yang dibuat dengan memodifikasi virus atau bakteri yang menghasilkan penyakit di laboratorium. Vaksin yang dihasilkan memiliki organisme yang mempertahankan kemampuan untuk membuat dan menghasilkan kekebalan tubuh, dan tidak menimbulkan penyakit. 

Vaksin yang dilemahkan dapat berupa bentuk yang utuh maupun pecahan dari virus atau bakteri. Vaksin kecil yang bagus yaitu berbasis protein atau berbasis polisakarida. Vaksin berbasis protein termasuk toksoid dan subunit atau produk subvirion.

Vaksin polisakaridamerupakan jenis yang unik dari vaksin subunit yang dilemahkan yang terdiri dari rantai panjang molekul gula yang membentuk kapsul permukaan bakteri tertentu.

Antigen vaksin juga dapat dibuat menggunakan teknologi rekayasa genetika. Produk-produk ini disebut sebagai vaksin rekombinan. Vaksin hepatitis B dan papillomavirus (HPV) dihasilkan melalui penyisipan potongan gen virus masing-masing ke dalam gen dari sel ragi atau virus. Perubahan sel ragi menghasilkan antigen permukaan murni hepatitis B atau kapsid protein HPV ketika sel ragi tersebut tumbuh.

Contoh Soal Bagaimana Vaksin Melindungi


Organisme yang menyebabkan penyakit memiliki setidaknya dua efek yang berbeda pada tubuh. Efek pertama adalah ketika seseorang merasakan gejala sakit dan menunjukkan seperti demam, mual, diare, ruam, muntah, dan banyak lainnya. Apa efek kedua? 
Mencegah lebih baik daripada mengobati. Vaksin dapat melindungi orang yang menerima mereka dan orang yang berinteraksi dengan mereka. Mengapa vaksin anak penting? 
Vaksin umumnya aman. Seperti obat-obatan atau bahan kimia lainnya, mereka kadang-kadang menyebabkan reaksi dalam tubuh. Apa reaksi ringan yang paling umum dari tubuh setelah pemberian vaksin? 
Sangat penting untuk memvaksinasi anak-anak sebelum masuk sekolah. Jika anda adalah orang tua dari anak 5 tahun dan Anda kebetulan kehilangan semua catatan penyakit anak anda, apa hal terbaik yang harus anda lakukan? 
Ada berbagai jenis vaksin. Karakteristik masing-masing jenis berbeda, dan karakteristik ini menentukan bagaimana vaksin digunakan. Apa jenis vaksin yang diproduksi dengan memodifikasi virus atau bakteri "liar" dengan melemahkannya di laboratorium, sehingga dapat menghasilkan kekebalan tetapi tidak dapat menyebabkan penyakit?
Setelah berbulan-bulan atau bertahun-tahun sejak awal imunisasi, suntikan penguat atau dosis penguat diberikan. Mengapa beberapa vaksin memerlukan penguat? 
Jenis kekebalan apakah yang hanya bersifat sementara dan biasanya hanya berlangsung selama beberapa minggu atau bulan? 
Misalnya adalah ketika antibodi ditransfer dari ibu ke bayi melalui plasenta selama 1-2 bulan terakhir kehamilan. 
Hepatitis B adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang hati. Virus, yang dikenal sebagai virus hepatitis B (HBV), dapat menyebabkan infeksi seumur hidup, sirosis hati, kanker hati,
gagal hati dan akhirnya, kematian. Pernyataan berikut tentang hepatitis B adalah benar, kecuali _____. 
Vaksin hepatitis B adalah contoh vaksin subunit. Sebuah vaksin subunit terdiri dari _____. 
Vaksin efektif dalam mencegah penyakit tidak hanya pada individu, tetapi juga dalam masyarakat. Perlindungan jenis ini dikenal sebagai _____. 

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Bagaimana Vaksin Melindungi"